Daftar Aplikasi yang Berbahaya Bagi Ponsel Android

Oleh: Khairul Ma'arif - 19 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi yang berbahaya bagi ponsel Android di Google Playstore.
tirto.id - Google Playstore menyediakan banyak aplikasi yang dapat didownload dengan mudah dan gratis. Namun pengguna android perlu berhati-hati dalam pemakaian aplikasi yang tersedia di google Playstore.

Dilansir dari sophos.com, terdapat aplikasi berbahaya yang dapat membahayakan ponsel Android. Kurang lebih sekitar 15 aplikasi disebut berbahaya dan satu dari 15 aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 1,3 juta pengguna android. Aplikasi tersebut berbahaya karena terinfeksi oleh adware.

Dilansir dari situs yang sama, ke-15 aplikasi tersebut menghasilkan iklan yang sering, besar, mengganggu, dan secara harfiah menyembunyikan ikon aplikasi mereka di peluncur untuk mempersulit Anda menemukan dan menghapusnya.

Salah satu aplikasi yang disoroti oleh sophos.com adalah Flash On Calls & Message Aplikasi ini menunjukkan pemberitahuan palsu ketika diluncurkan di ponsel, dengan mengatakan aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat.

Setelah masalah tersebut, pengguna dibawa ke Google Maps di Play Store agar berpikir bahwa aplikasi google maps merupakan penyebab masalahnya padahal tidak.

Sophos.com juga mengamati aplikasi ini melakukan cara ilegal yaitu menggunakan satu nama dan ikon untuk aplikasi (yang terlihat di halaman pengaturan Aplikasi telepon), dan nama dan ikon yang berbeda untuk Aktivitas Utama (jendela aplikasi yang berjalan).

Sembilan dari 15 aplikasi menggunakan ikon dan nama aplikasi yang menipu, yang sebagian besar tampaknya dipilih karena mereka mungkin mirip dengan aplikasi sistem yang tidak berbahaya. (Ikon aplikasi masih terlihat di menu Pengaturan "gir" telepon, di bawah Aplikasi.)

Dengan menyembunyikan ikon mereka, dan menggunakan ikon dan nama aplikasi yang menyerupai aplikasi sistem. Sebagian besar aplikasi ini disajikan kepada pengguna sebagai jenis aplikasi pembaca kode QR, editor gambar hingga pencari telepon.

Berikut daftar 15 aplikasi berbahaya terinfeksi adware dan harus di uninstall menurut Shopos:

  1. Flash On Calls & Messages
  2. Read QR Code
  3. Imagine Magic
  4. Generate Elves
  5. Savexpense
  6. QR Artifact
  7. Find Your Phone : Whistle
  8. Scavenger --- speed guard
  9. Auto Cut Out Pro
  10. Background Cut Out
  11. Photo Background
  12. ImageProcessing
  13. Background Cut Out New
  14. Auto Cut Out
  15. Auto Cut Out 2019

Sebagian besar aplikasi ini mendapat ulasan negatif dari pengguna, banyak yang mengeluhkan aplikasi ini tidak dapat berjalan, ikon aplikasi menghilang dari peluncur, dan tentu saja iklan yang agresif.

Sophos.com memberi tahu Google tentang aplikasi ini pada bulan Juli dan, sejauh yang diketahui, telah dihapus dari google playstore.

Namun,dikutip dari forbes.com Andrew Brandt, seorang peneliti utama di Sophos, memperingatkan bahwa "walaupun aplikasi ini telah dihapus dari Google Play Store, mungkin ada aplikasi lain yang belum kami temukan yang melakukan hal yang sama."

Jangan mengunduh aplikasi utilitas sepele karena aplikasi tampak bagus dan gratis — aplikasi gratis karena suatu alasan. Sekalipun kerugiannya hanyalah iklan yang tidak diinginkan, faktanya aplikasi ini sering kali menyembunyikan lebih banyak bahaya dibanding itu saja.

Pengguna harus memperhatikan ulasan pengguna hingga rating sebelum menginstal aplikasi dari Google Play dan jangan menjadi orang pertama yang mencoba aplikasi baru.


Baca juga artikel terkait APLIKASI ANDROID atau tulisan menarik lainnya Khairul Ma'arif
(tirto.id - Teknologi)

Kolumnis: Khairul Ma'arif
Penulis: Khairul Ma'arif
Editor: Yantina Debora
DarkLight