3 Rekomendasi Aplikasi Android Pengatur Keuangan di Play Store

Oleh: Adilan Bill Azmy - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar aplikasi Android pengatur keuangan di Play Store yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengelola urusan finansial.
tirto.id - Keuangan merupakan bidang yang vital dalam kehidupan manusia. Dengan meningkatnya kebutuhan, maka semakin besar pula pengeluaran yang dikeluarkan. Misalnya, pengeluaran untuk pajak, kebutuhan rumah tangga, cicilan, dan sebagainya.

Perkembangan teknologi membawa berbagai kemudahan, termasuk di bidang pengaturan keuangan. Teknologi ini memermudah manusia untuk mengatur, mengolah, serta merencanakan keuangan di masa mendatang.

Bagi pengguna Android, tersedia ratusan aplikasi manajemen keuangan di Play Store. Aplikasi ini beragam dan menawarkan berbagai macam fitur yang berbeda pula.

Namun, dilansir dari situs web Android Authority, setidaknya ada dua jenis umum aplikasi manajemen keuangan, yaitu pengatur pengeluaran dan pengatur dana pribadi di bank.

Aplikasi pengatur pengeluaran memungkinkan penggunanya mengelola serta memperkirakan dana yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi jenis ini juga dapat mengingatkan penggunanya untuk tetap mengeluarkan uang pada batas aman.

Selain itu, aplikasi jenis ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan simulasi pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Jenis kedua adalah aplikasi yang terintegrasi dengan sistem perbankan, atau aplikasi keluaran bank tertentu. Aplikasi jenis ini memudahkan penggunanya untuk mengecek saldo rekening, melakukan pembayaran tagihan, transfer uang, dan layanan perbankan lainnya.


Berikut 4 rekomendasi aplikasi Android pengatur keuangan yang tersedia di Play Store:

1. AndroMoney

AndroMoney merupakan salah satu aplikasi yang membantu penggunanya mengelola pengeluaran paling diminati di Play Store. Aplikasi ini juga menawarkan dukungan lintas platform di situs web maupun iOS.

Pengguna aplikasi ini akan mendapatkan banyak kemudahan dalam mengatur pengeluaran sehari-hari. AndroMoney juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan beberapa akun ke dalamnya.

Selain itu, banyak fitur yang ditawarkan, seperti mendukung banyak mata uang, dan menyediakan back-up dalam bentuk Excel. Tampilan aplikasi ini cukup mudah dipahami. Analisis data yang ditampilkan juga tidak sulit dibaca.

AndroMoney dapat diunduh secara gratis pada aplikasi PlayStore. Meski demikian, aplikasi ini juga memuat iklan di dalamnya. Namun, iklan yang ada tidak sampai mengganggu kinerja dan fungsi dari aplikasi ini.

2. Financial Calculators

Aplikasi pengatur keuangan ini dapat membantu pengguna untuk mengatur rencana pengeluaran di masa mendatang. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan sebagai kalkulator yang memberi berbagai kemudahan di sektor keuangan.

Aplikasi keluaran Bishinews ini memiliki fitur penghitung hutang di dalamnya. Pengguna dapat menghitung unsur-unsur dalam hutang, seperti bunga dan dana cicilan. Pengguna juga dapat melakukan simulasi pinjaman lain dengan aplikasi ini, seperti kredit rumah, kredit mobil, dan sebagainya.

Selain hutang, Financial Calculators juga memungkinkan pengguna untuk mengatur rencana pensiun, prediksi investasi, menghitung saham, hingga menghitung pajak tahunan. Aplikasi ini mungkin tidak benar-benar mengatur pengeluaran secara langsung, namun dapat membantu pengguna untuk memprediksi kemungkinan-kemungkinan di masa mendatang.

3. Goodbudget

Ini dia aplikasi budgeting yang mendukung lintas platform. Goodbudget akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dengan perangkat Android, iOS, hingga situs web bila diperlukan.

Selain itu, pengguna juga dapat melacak pengeluaran dari pendapatan yang diinput, cek saldo rekening, dan sebagainya. Aplikasi ini juga dapat membuatkan laporan rekening bank, serta laporan dalam bentuk Excel.

Namun, pengguna harus melakukan pembayaran tambahan untuk dapat menggunakan seluruh fitur yang disediakan aplikasi keluaran Dayspring Technologies ini. Beberapa fitur seperti Envelope, terbatas dalam jumlah pemakaian tertentu.

Dengan bantuan aplikasi pengatur keuangan, pengguna setidaknya dapat menetapkan anggaran belanja atau menargetkan tujuan finansial jangka panjang. Meski mengelola keuangan adalah tugas tak mudah, setidaknya beban ini bisa lebih ringan berkat bantuan aplikasi tersebut.


Baca juga artikel terkait APLIKASI atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Ibnu Azis
DarkLight