tirto.id - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 perlu menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan. Salah satunya adalah 'Surat Pernyataan Tidak Pindah Tugas' yang menjadi syarat di beberapa instansi pemerintahan.
Surat Pernyataan Tidak Pindah Tugas CPNS adalah dokumen resmi yang dibuat oleh seorang CPNS untuk menyatakan bahwa mereka bersedia menjalankan tugas di lokasi yang telah ditentukan oleh instansi pemerintah dan tidak akan meminta pindah tugas ke tempat lain dalam jangka waktu tertentu, biasanya beberapa tahun setelah pengangkatan sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Surat ini merupakan salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi oleh CPNS sebelum mereka diangkat menjadi PNS.
Tahun ini, pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan CPNS yang akan ditempatkan di instansi pemerintahan pusat maupun daerah. CPNS 2024 menyediakan 250.407 formasi bagi 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah.
Pendaftaran CPNS 2024 berlangsung pada 20 Agustus - 6 September 2024. Pelamar yang memenuhi syarat dapat langsung mendaftarkan diri melalui portal resmi SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id.
Dalam proses pendaftaran, pelamar wajib mengunggah sejumlah dokumen persyaratan yang sudah ditetapkan. Kelengkapan dan kesesuaian dokumen ini akan menentukan lolos atau tidaknya pelamar dalam seleksi administrasi yang berlangsung pada 20 Agustus - 13 September 2024.
Peserta yang lolos seleksi administrasi juga masih harus melalui tahapan seleksi lainnya, seperti Seleksi Kompetensi Dasar yang digelar pada Oktober mendatang serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Desember 2024.
Syarat Dokumen Kelengkapan CPNS 2024
Seleksi CPNS 2024 mewajibkan para pelamar untuk mengunggah sejumlah dokumen persyaratan. Berikut beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh pelamar CPNS 2024:
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (ukuran maksimal 200 Kb dalam bentuk JPG/JPEG)
- Scan Ijazah + Serdik/STR (ukuran maksimal 800 Kb dalam bentuk PDF)
- Scan Transkrip Nilai (ukuran maksimal 500 Kb dalam bentuk PDF)
- Scan Pas Foto dengan latar belakang merah (ukuran maksimal 200 Kb dalam bentuk JPEG/JPG)
- Scan Swafoto (ukuran maksimal 200 Kb dalam bentuk JPG/JPEG)
- Scan Surat Penugasan Guru untuk THK-2 (ukuran maksimal 500 Kb dalam bentuk PDF)
- Scan Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (ukuran maksimal 1000 kb dalam bentuk PDF)
- Scan Surat Lamaran yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (ukuran maksimal 1000 kb dalam bentuk PDF)
- Dokumen lain sesuai dengan persyaratan dari instansi yang dilamar.
Contoh Surat Pernyataan Tidak Pindah Tugas CPNS 2024
Beberapa instansi diketahui memberikan dokumen persyaratan tambahan berupa Surat Pernyataan Tidak Pindah Penempatan/Tugas, misalnya instansi Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur.
Surat ini berisi pernyataan pelamar bahwa dirinya bersedia dan sanggup bekerja sesuai dengan jabatan serta lokasi penempatan yang sudah ditentukan dan tidak akan mengundurkan diri.
Surat ini juga berisi kesanggupan pelamar bahwa dirinya tidak akan mengajukan pindah tugas ke instansi lain minimal 10 tahun sejak diangkat menjadi PNS. Apabila melanggar, tentunya pihak yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Surat ini ditandatangani dan dibubuhi e-meterai Rp10.000.
Guna memahami lebih jelas mengenai format dan isinya, berikut contoh Surat Pernyataan Tidak Pindah Penempatan CPNS 2024:
Contoh Surat Pernyataan Tidak Pindah Tugas CPNS 2024
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani