Menuju konten utama

Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 & Jawaban

Berikut ini adalah contoh soal PAT atau UAS Bahasa Indonesia untuk kelas 5 semester 2. Simak jawaban dan kisi-kisinya.

Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 & Jawaban
Ilustrasi Ujian Tulis. foto/IStockphoto

tirto.id - Contoh soal PAT atau UAS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 dan jawabannya bisa digunakan oleh para siswa kelas 5 untuk mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah (UAS).

PAT (Penilaian Akhir Tahun) atau UAS (Ujian Akhir Sekolah) adalah evaluasi belajar tahap akhir. Ujian sekolah ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana para peserta didik memahami seluruh materi pelajaran yang sudah diberikan di kelas.

Salah satu materi pelajaran yang diberikan di kelas 5 semester 2 adalah Bahasa Indonesia. Agar para siswa dapat mengingat dan mempelajari kembali materi Bahasa Indonesia yang sudah diberikan, para siswa perlu mencermati kisi-kisi soal dan secara rutin berlatih mengerjakan contoh soal UAS atau PAT.

Kisi-Kisi Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

Sebagai bahan latihan bagi para siswa kelas 5 jelang ujian sekolah, berikut ini akan dijabarkan kisi-kisi soal PAT/UAS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2:

1. Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. [Tema 6]

Materi Pokok: Teks Eksplanasi

- Siswa menentukan ide pokok pada teks bacaan yang disajikan.

- Siswa menentukan kata kunci dalam kalimat dari sebuah paragraf yang disajikan.

- Siswa menentukan ringkasan berdasarkan isi paragraf dari sebuah paragraf yang disajikan.

- Siswa dapat menentukan salah satu ciri teks eksplanasi

- Siswa dapat menentukan yang bukan merupakan bagian dari teks eksplanasi

- Siswa dapat menentukan yang bukan langkah untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi tertulis

- Siswa dapat membuat kesimpulan dari sebuah teks bacaan yang disajikan

- Siswa dapat menentukan informasi yang tidak sesuai dari sebuah teks bacaan yang disajikan.

- Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat menentukan gagasan pokok pada paragraf kedua.

- Disajikan teks bacaan, siswa dapat menentukan arti kata yang terdapat pada bacaan tersebut.

- Disajikan teks bacaan, siswa dapat menentukan hal penting pada salah satu paragraf dalam bacaan tersebut

- Disediakan teks bacaan, siswa menyimpulkan isi salah satu paragraf dalam bacaan tersebut.

2. Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) [Tema 7]

Materi Pokok: Surat Undangan

- Disajikan surat undangan, siswa dapat menentukan bagian isi surat

- Siswa menentukan contoh surat undangan resmi dengan tepat.

- Disajikan kalimat pada surat undangan, siswa dapat menentukan bagian dari surat undangan berdasarkan kalimat tersebut.

- Disajikan contoh surat undangan, siswa dapat menentukan jenis surat undangan yang sesuai dengan contoh.

- Disajikan contoh surat undangan, siswa dapat menentukan pembuat surat undangan

- Siswa dapat membedakan surat undangan resmi dengan surat undangan lainnya

3. Mencari informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis dengan unsur-unsur pertanyaan: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana [Tema 7]

Materi Pokok: Kalimat Tanya

- Siswa menentukan kalimat tanya yang sesuai dari sebuah kalimat.

- Disajikan teks bacaan narasi sejarah, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan

- Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan kata tanya yang tepat, berdasarkan isi bacaaan/kalimat jawaban yang diberikan

- Siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai isi bacaan dalam sebuah bacaan narasi sejarah

Materi Pokok: Kalimat Pengandaian

- Disajikan sebuah kalimat pernyataan, siswa dapat menentukan jenis kalimat tersebut termasuk kalimat tanya, perintah, pengandaian, atau larangan

Materi Pokok: Kalimat Tanya

- Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan tersebut

- Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat menyusun kalimat pertanyaan sesuai isi bacaan tersebut

Materi Pokok: Kosakata Baku dan Kalimat Efektif

- Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan kosakata baku dengan benar

Materi Pokok: Kalimat langsung dan Tidak Langsung

- Siswa dapat menentukan penulisan kalimat langsung yang tepat

- Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat memperbaiki penulisan kalimat tersebut sesuai ejaan dan tanda baca yang benar

- Disajikan teks dialog, siswa dapat menentukan pokok pembicaraan dialog

4. Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi [Tema 8].

Materi Pokok: Urutan Peristiwa di Dalam Teks Bacaan

- Disajikan penggalan teks bacaan non fiksi, siswa dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi pada teks bacaan tersebut

- Disajikan penggalan teks bacaan non fiksi, siswa dapat menyebutkan di mana peristiwa terjadi

- Disajikan penggalan teks bacaan non fiksi, siswa dapat menyebutkan penyebab peristiwa terjadi

- Siswa dapat menyebutkan pengertian dari karangan nonfiksi

- Siswa dapat menyebutkan contoh dari karangan nonfiksi

- Siswa dapat mengurutkan petunjuk penggunaan suatu barang

Materi Pokok: Teks Nonfiksi

- Disajikan teks bacaan, siswa mampu menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tersebut

- Disajikan teks bacaan, siswa mampu menyebutkan pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut

- Disajikan teks bacaan, siswa mampu menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa pada teks tersebut

- Disajikan sebuah paragraf bacaan nonfiksi, siswa mampu menentukan penggunaan kata tanya yang tepat berdasarkan kalimat yang dimaksud

- Disajikan sebuah paragraf bacaan nonfiksi, siswa dapat menjelaskan arti kata yang ditentukan

Kumpulan Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 dan Jawabannya

Setelah mencermati kisi-kisi soal PAT/UAS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 di atas, berikut ini akan dijabarkan contoh soal ujian akhir sekolah Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2:

Soal Pilihan Ganda

Bacaan untuk nomor 1-2!

Bagas : "Kawan-kawan, besok saat liburan mau kemana?"

Doni : “Aku ingin ke pantai bersama keluarga.”

Sinta : “Kalau aku ingin pergi ke rumah kakekku di kampung.”

Bagas : “Kalau kamu Susi ?”

Susi : “Aku tidak bisa kemana-mana, karena harus membantu ibu menjaga kakek yang masih sakit.”

Sinta : “Kakekmu sakit apa Sus?”

Susi : “Kakek sakit jantung, aku sedih melihatnya.”

1. Percakapan di atas membicarakan ....

a. Rencana liburan yang akan datang

b. Rencana menjenguk kakek Susi

c. Rencana membantu kakek Susi

d. Rencana mengajak Susi liburan

Jawaban: A

2. Dalam percakapan di atas, perasaan apa yang dirasakan oleh Susi?

a. Ketakutan

b. Kegembiraan

c. Kesedihan

d. Terkejut

Jawaban: C

3. Kalimat yang tepat ketika mengawali pembicaraan di telepon adalah ...

a. “Terima kasih telah menelepon.”

b. “Hai bagaimana kabarnya?”

c. “Dimana rumah kamu?“

d. “Selamat pagi, bisa bicara dengan Andi?”

Jawaban: D

4. "Halo, selamat malam Rani."

“.......”

Kalimat yang tepat untuk menjawab percakapan telepon di atas adalah ....

a. "Maaf ini sudah tengah malam!"

b. "Selamat malam! iya, kabarku baik!"

c. "Iya, selamat malam juga."

d. "Rumah saya di Semarang."

Jawaban: C

5. Riko : “Andi! Dasar kamu itu orang miskin.”

Roni : “Ko, jangan bentak-bentak dia seperti itu.”

Riko : “Biarlah, memang dia pantas dibentak.”

Andi : “Maafkan aku jika salah.”

Watak Riko dalam kutipan percakapan di atas adalah ....

a. Pemaaf

b. Peduli

c. Ramah

d. Kasar

Jawaban: D

6. Karya sastra yang dipentaskan di atas panggung melalui dialog atau gerak disebut ....

a. Puisi

b. Pantun

c. Drama

d. Pidato

Jawaban: C

7. Jalannya cerita dalam drama disebut ....

a. Alur

b. Latar

c. Setting

d. Watak

Jawaban: A

8. Aku merasa sangat .... karena teman-teman mau datang pada perayaan ulang tahunku.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

a. Gelisah

b. Sedih

c. Prihatin

d. Bahagia

Jawaban: D

9. Perintah, nasihat, permintaan atau amanat yang disampaikan lewat orang lain dinamakan ....

a. Hadiah

b. Berita

c. Pesan

d. Pengumuman

Jawaban: C

10. Rina adalah anak yang rajin .... Doni adalah anak yang pemalas.

Kata sambung yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....

a. Atau

b. Walaupun

c. Sedangkan

d. Meskipun

Jawaban: C

11. Andi suka membaca buku

Andi menjadi berpengetahuan luas

Jika dua kalimat di atas digabungkan, maka kalimat yang tepat adalah ....

a. Andi suka membaca buku meskipun ia menjadi berpengetahuan luas.

b. Andi suka membaca buku sehingga ia menjadi berpengetahuan luas.

c. Andi menjadi berpengetahuan luas sehingga ia suka membaca buku.

d. Andi suka membaca buku dan ia suka berpengetahuan luas.

Jawaban: B

12. Lembar pengumuman, berita, atau ajakan yang dilengkapi dengan gambar-gambar menarik untuk menarik seseorang untuk melihatnya dinamakan ....

a. Undangan

b. Iklan

c. Perangko

d. Resep

Jawaban: B

13. “Selamat pagi para pendengar setia! Berita pagi ini diawali oleh berita seorang anak Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar juara di lomba robot di Inggris.”

Penyiar tersebut berbicara melalui ....

a. Internet

b. Telepon

c. Radio

d. Televisi

Jawaban: C

14. Bu Ani : "Bu Dini, apakah kamu tahu toko seragam sekolah di dekat sini?”

Bu Dini : "Ya, tentu! Itu bu, di ujung jalan raya ini."

Bu Rina : “Mau beli seragam buat siapa Buk?

Bu Ani : “Mau beli untuk Riki Buk, bajunya kemarin sobek karena jatuh dari sepeda.”

Bu Dini : “Wah disana bagus-bagus lho buk bajunya, harganya juga terjangkau.”

Bu Ani : “Terima kasih buk, atas informasinya.”

Tema dari percakapan di atas adalah ....

a. Seragam yang robek

b. Seragam baru anak Bu Dini

b. Toko mainan yang murah

d. Toko seragam sekolah

Jawaban: D

15. Dalam waktu yang sudah ..., kamu seharusnya tidak boleh bermain di luar karena hal itu berbahaya. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

a. terlalu pagi

b. Sangat siang

c. Turun senja

d. Tengah malam

Jawaban: D

16. Toni adalah anak yang baik. Ia begitu peduli ketika ada temannya yang kesusahan.

Antonim dari kata peduli adalah ....

a. Perhatian

b. Pengorbanan

c. Acuh

d. Benci

Jawaban: C

17. “Aku sekarang sedang berada di rumah Iwan”

Kalimat tersebut merupakan jawaban yang tepat untuk kalimat tanya ....

a. Di mana rumahmu?

b. Bagaimana keadaanmu sekarang?

c. Kemana dia pergi sekarang?

d. Dimana kamu sekarang?

Jawaban: D

Bacaan untuk soal nomor 18 - 19

Saat bersepeda ke sawah bersama teman-teman, Andi begitu semangat. Andi mengayuh sepeda dengan cepat hingga akhirnya ia tidak melihat sebuah lubang di jalan. Andi pun terjatuh karena tidak bisa menghindar. Kakinya akhirnya sedikit lecet, dan ia menangis karena merasa sakit.

18. Cerita di atas merupakan pengalaman yang ....

a. Mengejutkan

b. Menyenangkan

c. Menggembirakan

d. Menyedihkan

Jawaban: C

19. Amanat yang disampaikan dari cerita di atas adalah ...

a. Kita harus bersepeda dengan cepat

b. Kita tidak boleh bersepeda sendirian

c. Kita harus berhati-hati saat bersepeda

d. Kita tidak boleh balapan bersepeda

Jawaban: C

20. Rina: "Sinta, tolong sampaikan kepada Sila bahwa aku tidak dapat menghadiri perayaan ulang tahunnya karena sakit. Jadi aku titip kadonya saja."

Sinta: "Iya, Rin. Semoga cepat sembuh ya"

Isi pesan yang disampaikan Rina adalah ....

a. Sinta akan memberikan hadiah besar kepada Sil.

b. Rina akan menghadiri perayaan ulang tahun agak terlambat karena sakit.

c. Rina tidak dapat menghadiri perayaan ulang tahun karena sakit.

d. Sila mendapatkan salam dari Rina yang sedang sakit.

Jawaban: C

21. Pak tani begitu bekerja keras. ia nampak bermandikan keringat dibawah terik matahari.

Arti kata bermandikan adalah ....

a. Menyiram tubuhnya dengan

b. Mengeluarkan banyak

c. Membasahi tubuhnya dengan

d. Mandi di sumur sawah

Jawaban: B

22. Kata yang mengandung imbuhan di- adalah ....

a. Di kebun

b. Di kantor

c. Di rumah

d. Dimarahi

Jawaban: D

23. Tokoh yang berperan untuk melengkapi peran tokoh utama dalam cerita dinamakan ...

a. Tokoh antagonis

b. Tokoh protagonis

c. Tokoh figuran

d. Tokoh pemeran

Jawaban: B

24. Kancil : "Hai siput, lihat diriku. Aku begitu cepat berlari.”

Siput : “Iya aku mengerti.”

Kancil : "Tidak ada binatang disini yang larinya secepat diriku.”

Siput : “Itu ada rusa, dia juga cepat larinya.”

Kancil : “Ah masih cepat aku, dia tidak apa-apanya dibanding aku.”

Bagaimana sifat kancil dalam penggalan drama tersebut ....

a. Rendah diri

b. Besar kepala

c. Keras kepala

d. Panjang kaki

Jawaban: B

25. (1) Kemudian bersihkan lubangnya dari rumput-rumput.

(2) Masukkan tangkai bunga mawar ke dalam lubang.

(3) Mula-mula buatlah lubang di tanah dengan cangkul.

(4) Siapkan tangkai bunga mawar yang ingin ditanam

(5) Ratakan tanah untuk menutupi lubang

(6) Berilah air secukupnya setelah tanah diratakan

Urutan kegiatan yang benar adalah ....

a. (4) – (1) – (5) – (2) – (3) – (6)

b. (4) – (3) – (1) – (2) – (5) – (6)

c. (3) – (4) – (1) – (2) – (5) – (6)

d. (4) – (3) – (1) – (6) – (2) – (5)

Jawaban: B

Soal Isian

1. Penulisan kata berimbuhan harus di....

Jawaban: sambung

2. Sinonim dari kata modern adalah ....

Jawaban: maju

3. Anak yang mendeklamasikan puisi itu .... wajahnya sangat bagus.

Jawaban: ekspresi

4. Tempat dan waktu kejadian dalam drama dinamakan ....

Jawaban: latar

5. Pesan yang disampaikan dalam cerita dinamakan ....

Jawaban: amanat

6. Tokoh baik dalam drama dinamakan ....

Jawaban: tokoh protagonis

7. Membaca sekilas juga dinamakan sebagai ....

Jawaban: skimming

8. Percakapan dua orang atau lebih dalam drama dinamakan ....

Jawaban: dialog

9. Drama yang ceritanya lucu dinamakan drama ....

Jawaban: drama komedi

10. Antonim kata bekerja adalah ....

Jawaban: menganggur

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL PAT atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Ahmad Yasin & Yulaika Ramadhani