Menuju konten utama

40 Contoh Soal MOOC PPPK 2024 dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal MOOC PPPK dan jawabannya ini bisa dijadikan referensi belajar bagi bagi PPPK 2024. Berikut selengkapnya.

40 Contoh Soal MOOC PPPK 2024 dan Jawabannya
Tenaga pendidik menerima Surat Keputusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di GOR SMAN 1 Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (27/5/2022). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/tom.

tirto.id - Kumpulan contoh soal MOOC PPPK dan jawabannya ini bisa dijadikan referensi belajar bagi bagi PPPK 2024 saat mengikuti proses pelatihan dan pembelajaran mandiri sebelum diangkat sebagai ASN.

MOOC PPPK adalah singkatan dari Massive Open Online Course Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Ini adalah platform pelatihan mandiri untuk para PPPK.

Di platform ini para PPPK ini dapat melakukan pengembangan diri dengan mengerjakan berbagai materi dan tugas pengembangan kompetensi.

Jika proses pembelajaran mandiri di MOOC sudah diselesaikan, maka para calon PPPK akan memperoleh sertifikat, nilai dan evaluasi yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum dinyatakan lulus sebagai ASN.

Contoh Soal MOOC PPPK 2024 dan Jawaban

Ada beberapa contoh soal MOOC PPPK 2024 yang bisa dijadikan bahan belajar dan referensi bagi para PPPK, agar dapat mempersiapkan diri dan meningkatkan kompetensinya sebelum diangkat sebagai ASN.

Berikut ini contoh soal MOOC PPPK 2024 dan jawabannya:

1. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?

a. Pelaksana kebijakan publik

b. Pelayan publik

c. Pengawas kegiatan publik

d. Perekat dan pemersatu bangsa

Jawaban: A

2. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga Negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip …

a. Akuntabel

b. Berkeadilan

c. Aksesibel

d. Efektif

Jawaban: A

3. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …

a. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen pulang

b. Dimulai saat konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

c. Dimulai saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan

d. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service selivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

Jawaban: D

4. Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali …

a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

b. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi

c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan

d. Loyal kepada atasan

Jawaban: D

5. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN ber-AKHLAK?

a. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik Negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien

b. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin, dan integritas tinggi

c. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi

d. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam

Jawaban: A

6. Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus menerus, dalam proses belajar yaitu:

a. Learn

b. Unlearn

c. Relearn

d. Self study

Jawaban: A

7. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara

b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

c. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

d. Melakukan perubahan tiada henti

Jawaban: D

8. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Layanan Publik menyebutkan 12 asas pelayanan publik, kecuali …

a. Kesamaan hak

b. Kompetitif

c. Keseimbangan hak dan kewajiban

d. Kepastian hukum

Jawaban: B

9. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …a. Akuntabilitas adalah kewajiban

b. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel

c. Akuntabilitas adalah interaksi pertukaran sosial dua arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawabnya

d. Akuntabilitas adalah akumulasi

Jawaban: C

10. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah …

a. Masyarakat sebagai wajib pajak

b. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

c. Masyarakat sebagai elemen adanya Negara

d. Masyarakat sebagai penerima layanan

Jawaban: D

11.Sesuai Permenpan RB Nomor 38 Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu:

a. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural

b. Tugas, manajerial dan sosial kultural

c. Teknis, manajerial dan sosial kultural

d. Teknis, leadership dan sosial kultural

Jawaban: C

12. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah:

a. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder

b. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder

c. Personal, individu, kelompok, organisasi, Negara, stakeholder

d. Personal, individu, kelompok, pimpinan, kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder

Jawaban: A

13. Pilihlah pernyataan yang paling tepat:

a. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya

b. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal

c. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas dan etika.

d. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok

Jawaban: C

14. Pernyataan di bawah ini yang menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan / tepat:

a. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN

b. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

c. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika disyaratkan dalam tugas jabatannya

d. Semua salah’

Jawaban: B

15. ASN pembelajar yang relevan saat ini adalah:

a. Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks

b. Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya

c. Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai

d. Semua benar

Jawaban: A

16. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan dicontohkan dengan?

a. Mampu, akan, dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

b. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya

c. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan oleh masyarakat

d. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore

Jawaban: A

17. Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah:

a. Kebyar kebyar

b. Bendera Merah Putih

c. Garuda Pancasila

d. Dari Sabang Sampai Merauke

Jawaban: D

18. Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan kerja yang harmonis:

a. Suasana bekerja tidak bahagia

b. Kinerja organisasi rendah

c. Kesempatan belajar dan kontribusi rendah

d. Seluruh ASN suka saling membantu

Jawaban: D

19. Hal yang harus ditanamkan dalam mengantisipasi potensi konflik kepada sesama ASN adalah kecuali:

a. Profesionalisme

b. Kebijakan pemerataan pembangunan

c. Sikap mendahulukan kepentingan diri sendiri

d. Toleransi

Jawaban: C

20. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini:

a. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan

b. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan

c. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan

d. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan

Jawaban: C

21. Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi:

a. ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjanya

b. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya

c. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kerjanya

d. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya

Jawaban: B

22.Berikut ini adalah konsep yang mengandung prinsip-prinsip governance, kecuali:

a. Triple Helix

b. Penta Helix

c. Quadruple Helix

d. Collaboration

Jawaban: D

23. Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan sebagai dasar pembentukan NKRI dituangkan dalam Pancasila yaitu:

a. Sila pertama

b. Sila kedua

c. Sila ketiga

d. Sila keempat

Jawaban: C

24.Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap:

a. Pimpinan

b. Pekerjaan

c. Profesi

d. NKRI

Jawaban: D

25. Anggapan yang dimiliki terhadap suatu kelompok yang bersifat tidak baik seperti anggapan satu kelompok identik dengan kekerasan, sifat suatu suku yang kasar dan sebagainya merupakan:

a. Stereotip suatu kelompok

b. Etnosentrisme

c. Asimilasi

d. Skepticism

Jawaban: A

26. Negara bukan menjadi satu-satunya penyelenggara pemerintahan dan pelayanan public. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dari konsep:

a. Governance

b. Government

c. Welfare state

d. New Public Service

Jawaban: B

27. Secara etimologis, istilah “loyak” diadaptasi dari bahasa Perancis yaitu “Loial”

yang artinya:

a. Mutu dan sikap patuh

b. Mutu dan sikap taat

c. Mutu dan sikap setia

d. Mutu dan sikap hormat

Jawaban: C

28. Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau (misalnya organisasi) yang ditunjukan melalui:

a. Ide dan pemikiran

b. Sikap dan tindakan

c. Ketaatan dan pemikiran

d. Integritas dan idealisme

Jawaban: B

29. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka otomatis ia akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap organisasinya ditunjukan dengan cara:

a. Berhati – hati dan lambat dalam mengerjakan tugas – tugasnya

b. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan

c. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

d. Loyal terhadap pimpinan

Jawaban: C

30. Manfaat keanekaragaman bangsa Indonesia yang paling tepat adalah:

a. Adanya pertentangan norma-norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan bagi masyarakat

b. Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki

c. Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar atas norma yang tidak tegas atau lemah

d. Tindakan anggota masyarakat yang sudah tidak lagi sesuai dengan norma yang berlaku

Jawaban: B

31. Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai:

a. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

b. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk Negara

c. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

d. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk Negara

Jawaban: D

32. Pernyataan berikut sesuai dengan prinsip governance, kecuali:

a. Pemerintah tidak menjadi satu – satunya actor dalam pelayanan publik

b. Pemerintah menjadi satu – satunya actor dalam pelayanan publik

c. Civil Society menjadi salah satu aktor dalam menyelenggarakan pelayanan publik

d. “triple Helix” merupakan salah satu konsep dalam pendekatan governance

Jawaban: B

33. Yang tidak termasuk perilaku loyal dalam Core Values ASN adalah:

a. Memegang teguh ideology Pancasila, Undang – undang Dasar Negara republic Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintah yang sah

b. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

c. Menjaga nama baik sesame ASN, pimpinan instansi dan Negara

d. Menjaga rahasia jabatan dan Negara

Jawaban: B

34. Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut:

a. Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis

b. Mempertahankan dan meningkatkan kinerja

c. Bertahan hidup ditengah persaingan dengan pihak lain

d. Perintah dan mandate dari undang – undang

Jawaban: B

35. Berikut ini ciri – ciri penerapan budaya adaptif, kecuali:

a. Memanfaatkan peluang – peluang yang berubah – ubah

b. Memperhatikan kepentingan – kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya

c. Mendorong jiwa kewirausahaan

d. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

Jawaban: D

36. Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan:

a. Misi

b. Visi

c. Revisi

d. Remisi

Jawaban: B

37. Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas sistem dynamic

governance berikut, kecuali:

a. Thinking ahead

b. Thinking along

c. Thinking again

d. Thinking across

Jawaban: B

38. Berikut ini adalah beberapa indikator yang menunjukan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali:

a. Agilitas

b. Status quo

c. Fleksibilitas

d. Responsive

Jawaban: B

39. Apabila merujuk pada definisi dari “Collaborative Governance” yang dikemukakan oleh para ahli, maka dibawah ini adalah kolaborasi aktor yang paling ideal apabila menggunakan prinsip governance:

a. Kolaborasi antara pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian

b. Kolaborasi antara Komisi Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara dan Pemerintah Daerah

c. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi

d. Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi dan Civil Society

Jawaban: D

40. Pimpinan sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pimpinan yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu:

a. Perubahan teknis

b. Perubahan misi

c. Kemakmuran

d. Perubahan adaptif

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani