tirto.id - Contoh program kerja KKN jurusan Ilmu Komunikasi yang menarik dapat berupa pelatihan public speaking sampai dengan membuat website desa.
Membuat program kerja KKN menjadi tugas bagi mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata. Mahasiswa Ilmu Komunikasi pun dapat membuat rencana program kerja yang sesuai dengan jurusannya.
KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa perguruan tinggi yang dikembangkan dalam bentuk pengabdian ke masyarakat. KKN menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sekaligus mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah.
Program KKN dilaksanakan di desa atau daerah terpencil yang dianggap membutuhkan bantuan untuk berkembang di segala bidang. Di sinilah mahasiswa KKN akan dihadapkan pada permasalahan riil di lapangan dan harus mencari solusi untuk mengatasinya.
Cara mengatasinya adalah dengan membuat program kerja (proker). Program kerja ini pun tentunya harus mendapat persetujuan dari kampus atau dosen pembimbing lapangan (DPL) serta dari pejabat desa/kepala desa tempat KKN diadakan.
Dalam satu kelompok KKN biasanya akan terdiri dari beberapa mahasiswa lintas fakultas/jurusan, salah satunya dari jurusan Ilmu Komunikasi. Program kerja KKN dapat disusun sesuai dengan jurusan masing-masing sehingga setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk menerapkan ilmunya.
Tujuan Kegiatan KKN
KKN dilaksanakan dengan tujuan positif dan tentunya bermanfaat bagi mahasiswa, pihak kampus, dan desa tempat KKN. Adapun tujuan KKN antara lain:
1. Memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa
2. Menumbuhkan empati dan kepedulian dalam diri mahasiswa
3. menanamkan nilai-nilai kepribadian seperti keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, kewirausahaan, dan kepemimpinan.
4. Memperluas wawasan dan mengembangkan potensi mahasiswa
5. Menanamkan jiwa peneliti pada diri mahasiswa melalui kegiatan eksplorasi dan analisis data, termasuk mendorong learning community dan learning society.
6. Memberikan kontribusi nasional melalui pemecahan masalah di tengah masyarakat
7. Sebagai sarana promosi dan branding institusi
8. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu
9. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di berbagai bidang
Contoh Program Kerja KKN Jurusan Ilmu Komunikasi
Saat mengikuti KKN, mahasiswa wajib membuat program kerja berdasarkan permasalahan yang ditemukan di desa. Berikut contoh program kerja KKN untuk jurusan Ilmu Komunikasi:
A. Program Kerja: Pengenalan Public Speaking pada Anak-Anak
B. Tujuan Program:
- Memberi pemahaman kepada masyarakat, khususnya anak-anak, tentang pentingnya public speaking
- Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar
- Meningkatkan kemampuan public speaking sejak dini
- Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak
- Pemberian materi tentang public speaking yang digelar di salah satu SD
- Menggelar diskusi tentang isu terbaru yang melibatkan anak-anak dan mendorong mereka untuk mengungkapkan ide atau pendapat
- Mengadakan lomba pidato khusus untuk anak-anak SD
- Anak-anak mampu berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar
- Anak-anak mampu berkomunikasi dengan lancar
- Anak-anak mampu mengomunikasikan isi pikiran/pendapat
- Anak-anak berani berbicara di depan publik
Merekam partisipasi anak-anak dalam setiap kegiatan untuk mengukur peningkatan kemampuan public speaking.
2. Pelatihan Media Literasi untuk Masyarakat
Deskripsi:Mengadakan workshop untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang media dan informasi, termasuk cara mengenali berita palsu (hoax) dan pentingnya verifikasi informasi.
Tujuan:
Meningkatkan kemampuan literasi media masyarakat untuk menghindari penyebaran informasi yang tidak benar.
Kegiatan:
- Mengundang narasumber ahli media.
- Mengadakan sesi tanya jawab interaktif.
- Menyediakan materi edukasi tentang verifikasi informasi.
- Masyarakat lebih kritis dalam menerima dan menyebarkan informasi.
- Penyusunan modul literasi media yang dapat diakses oleh masyarakat luas.
3. Kampanye Sosial melalui Media Sosial
Deskripsi:Membuat dan mengelola kampanye sosial yang relevan dengan isu-isu lokal melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
Tujuan:
Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial penting seperti lingkungan, kesehatan, dan pendidikan.
Kegiatan:
- Penelitian dan identifikasi isu lokal yang memerlukan perhatian.
- Produksi konten kampanye seperti poster digital, video pendek, dan artikel.
- Monitoring dan evaluasi efektivitas kampanye.
- Peningkatan partisipasi masyarakat dalam isu-isu sosial.
- Laporan analisis dampak kampanye.
4. Pembangunan Website Desa
Deskripsi:Membantu desa dalam membangun dan mengelola website resmi untuk meningkatkan transparansi dan akses informasi bagi masyarakat.
Tujuan:
Memperkuat komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat melalui platform digital.
Kegiatan:
- Pelatihan dasar pembuatan dan pengelolaan website.
- Pengumpulan data dan informasi desa yang akan ditampilkan.
- Peluncuran website desa.
- Website desa yang fungsional dan informatif.
- Panduan pengelolaan website bagi perangkat desa.
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani