Menuju konten utama

Contoh Deskripsi Kegiatan Pramuka di Raport Sekolah Semester 1

Deskripsi kegiatan pramuka merupakan salah satu catatan wali kelas yang termuat dalam rapor sekolah semester 1. Berikut ini beberapa contoh deskripsinya.

Contoh Deskripsi Kegiatan Pramuka di Raport Sekolah Semester 1
Guru membacakan laporan hasil belajar (rapor) kenaikan kelas kepada wali murid di SD Yasporbi I Pancoran, Jakarta, Jumat (26/6/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

tirto.id - Deskripsi kegiatan pramuka merupakan salah satu catatan wali kelas yang termuat dalam rapor sekolah semester 1. Berikut ini contoh deskripsi kegiatan pramuka di rapor sekolah semester 1.

Sebelum lebih jauh, tahukah Anda bahwa pembagian rapor Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 Tahun Ajaran (TA) 2023/2024 untuk sekolah dasar hingga menengah di Indonesia akan dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga Desember 2023.

Pembagian rapor tersebut sebelumnya telah didahului pelaksanaan Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 pada minggu pertama atau kedua Desember 2023.

Rapor adalah buku berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah yang diberikan guru kepada orang tua/wali murid. Rapor juga memuat catatan tertentu terkait kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti peserta didik di sekolah.

Salah satu catatan atau deskripsi kegiatan ekstrakurikuler yang ada di rapor untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas adalah pramuka.

Sebab pramuka adalah kegiatan wajib yang diikuti siswa di luar jam pelajaran berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Contoh Deskripsi Kegiatan Pramuka di Raport Sekolah Semester 1

Catatan kegiatan pramuka dalam rapor sekolah semester 1 dapat membahas mengenai keaktifan, kedisiplinan, hingga prestasi yang diperoleh siswa.

Berikut ini contoh deskripsi kegiatan pramuka di rapor sekolah semester 1:

  1. Meskipun Semester 1 telah berlalu, pramuka akan datang kembali di Semester 2. Mari asah kembali mental Ananda melalui kegiatan kepramukaan setelah menjalani liburan.
  2. Sikap Ananda dalam pramuka di Semester 1 sudah baik. Mari tingkatkan lagi semangatnya untuk pramuka di Semester 2.
  3. Dalam baris berbaris di kepramukaan Semester 1, sikap Ananda sudah baik. Namun perlu ditingkatkan untuk kepramukaan pada semester berikutnya.
  4. Ananda terlihat luar biasa dalam latihan mengibarkan bendera merah putih di kegiatan pramuka. Mari tetap istikamah dan rendah hati kepada sesama anggota pramuka.
  5. Sikap gotong royong adalah karakter seorang anggota yang telah ditampilkan Ananda di kepramukaan Semester 1. Mari tingkatkan sifat gotong royong di dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat.
  6. Tingkat kepercayaan diri Ananda dalam kegiatan pramuka sudah begitu baik di Semester 1. Namun, tingkat kepercayaan diri dapat diimbangi dengan pengetahuan yang lebih tentang pramuka.
  7. Pramuka adalah salah satu ekstrakulikuler yang wajib guna membentuk sikap yang disiplin dalam diri siswa. Maka dari itu, Ananda harus semangat mengikuti kegiatan pramuka.
  8. Meskipun kerap terlambat, Ananda tetap datang dalam kegiatan pramuka di Semester 1. Mari pada Semester 2 mendatang, Ananda tingkatkan ketepatan waktu keberangkatan pramuka.
  9. Kerja sama tim adalah salah satu sikap yang harus dilakukan dalam kegiatan pramuka. Ananda selama Semester 1 telah melakukan kerja sama tim dengan baik.
  10. Ananda menjadi adik terbaik dalam kegiatan pramuka di semester 1. Tetap rendah diri dan memberikan contoh yang baik kepada anggota pramuka lainnya.
  11. Kelengkapan atribut adalah bukti bahwa Ananda disiplin dalam mengikuti kegiatan pramuka. Maka dari itu, cek terlebih dahulu kelengkapan atribut sebelum berangkat menuju kegiatan.
  12. Selagi instruksi dari kakak dewan baik untuk Ananda, ikutilah meskipun terkadang melelahkan. Suatu ketika kedisiplinan itu akan membantu Ananda menjadi sosok yang lebih baik.
  13. Kakak pembina seringkali memberikan pesan-pesan penting serta bermakna untuk Ananda. Jadi usahakan untuk mendengarkan, dilanjutkan dengan mengamalkan pesan-pesan kebaikan tersebut.
  14. Dalam kegiatan pramuka di alam, Ananda harus saling menjaga bersama anggota kelompok. Tetap menjaga keselamatan, menghormati warga sekitar, dan jangan menyepelekan himbauan-himbauan.
  15. Ananda memiliki pengetahuan yang luar biasa dalam materi-materi kepramukaan. Ananda memiliki kesempatan menjadi teladan yang baik untuk teman-teman seperjuangan, terlebih menjadi dewan untuk adik-adik di masa mendatang.
  16. Ananda mampu menerapkan nilai-nilai kepramukaan dengan baik dalam kegiatan perkemahan. Harapannya, Ananda dapat menerapkan sikap-sikap baik tersebut dalam lingkungan masyarakat.
  17. Ananda telah menunjukkan keterlibatan yang konsisten dalam kegiatan pramuka pada Semester 1. Ananda ikut Andil dalam pertemuan secara rutin maupun kegiatan khusus di sekolah. Tetap semangat dan tingkatkan.
  18. Ananda begitu aktif dalam kegiatan pramuka. Sikap aktif tersebut sebaiknya dapat ditularkan dalam kegiatan belajar di dalam kelas.
  19. Ananda memiliki pemahaman materi yang baik dalam dasar kepramukaan mulai sandi-sandi, belajar memasak, hingga teknik pertolongan pertama. Tetap rendah diri dan tingkat pengetahuan kepramukaan.
  20. Selain berhasil memunculkan sikap kepemimpinan dalam kegiatan pramuka, Ananda juga mampu bekerja sama dalam tim dengan baik. Tingkatkan sikap baik tersebut, dan tetap rendah hati.
  21. Melalui kepramukaan, Ananda dapat terlibat kegiatan mengembangkan keterampilan bertahan hidup dasar serta pengetahuan mengenai alam. Oleh sebab itu, tetap semangat mengikuti kegiatan pramuka dan jangan pantang menyerah.
  22. Ananda terlihat begitu kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas kepramukaan yang diberikan. Tingkat kreativitas Ananda dan jangan lupa bekerja sama bersama teman-teman kelompok.
  23. Melalui kepramukaan, Ananda dapat terlibat kegiatan sosial atau kemanusiaan yang menimbulkan sikap kepedulian kepada sesama. Selain dapat kepramukaan, harapannya Ananda dapat mengamalkan sikap kepedulian di lingkungan sekitar.
  24. Ananda dapat diandalkan dalam mematuhi aturan dan nilai-nilai yang diajarkan dalam gerakan kepramukaan. Tetap istikamah dalam memegang aturan dan nilai-nilai tersebut yang akan berguna bagi kehidupan Ananda.
  25. Ananda terlihat masih kesulitan untuk mengikuti materi-materi yang diberikan dalam kegiatan kepramukaan. Meskipun demikian, sikap pantang menyerah Ananda, akan menjadikan karakter diri yang lebih baik.

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani