tirto.id - PT Freeport Indonesia membuka lowongan kerja bagi fresh graduate. Dalam akun resminya disebutkan, lowongan ini bertujuan mengajak untuk ikut berkarya dan berkontribusi melalui industri pertambangan di Freeport.
Dalam rekrutmen tersebut, Freeport memberikan nama Fresh Graduate Program atau FGP. Adapun pendaftarannya dibuka hingga 14 Maret.
Melansir dari akun resminya Freeport mengatakan, bahwa untuk tetap waspada dan hati-hati terhadap rekrutmen terbuka ini. Agar terhindar dari penipuan dan hal-hal yang merugikan pelamar pekerjaan.
“Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia, lowongan kerja ini tidak dipungut biaya dan pastikan informasi yang diterima melalui kontak resmi kami,” tulisnya dalam akun resmi Freeport.
PT Freeport merupakan pertambangan emas di kawasan mineral Grasberg, Papua – Indonesia. Pertambangan Freeport, salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia.
Dalam laman resminya dikatakan, bahwa PT. Freeport dimiliki oleh perusahaan bernama Freeport-McMoRan (FCX). Ia merupakan suatu perusahaan tambang internasional yang kantor pusatnya berada di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.
Bagi yang ingin mendaftar dalam rekrutmen FGP Freeport 2023: Link Daftar FGP Freeport 2023
Daftar Jurusan yang Bisa Mendaftar FGP Freeport 2023
Dalam melakukan rekrutmen FGP 2023, PT. Freeport membuka lowongannya dengan jurusan tertentu saja. Merujuk pada akun resmi Freeport disebutkan daftar jurusan yang bisa mendaftar di Freeport dalam rekrutmen FGP 2023.
Adapun daftar jurusannya dalam mendaftar FGP Freeport 2023, sebagai berikut:
- Accounting
- Automation Engineering
- Architecture
- Business Administration
- Chemical Engineering
- Civil Engineering
- Computer Science
- Economics
- Electrical Engineering
- Industrial Engineering
- Informatics Engineering
- Informations System
- Information Technology
- Instrumentation Engineering
- Law
- Logistic
- Management
- Material Engineering
- Mathematics
- Mechanical Engineering
- Metallurgy
- Mining Engineering
- Occupational Health & Safety
- Physic Engineering
- Social and Political Science
- Public Health
- Marine Transport Engineering
- Pendidikan D4, S1, atau S2
- IPK minimum 2.8 dari skala 4.0
- Tidak lebih dari 2 tahun sejak kelulusan
- Pengalaman kerja tidak lebih dari 2 tahun
Contoh Cover Letter
Ada begitu banyak saran untuk membuat cover letter yang bagus. Dalam Harvard Business, Jodi Glickman, pakar komunikasi dan penulis Great on the Job mengatakan, cover letter adalah kesempatan terbaik Anda untuk mendapatkan perhatian dari bagian SDM atau rekruiter.
Dan di pasar kerja yang ketat, membedakan diri Anda sangat penting, kata John Lees, ahli strategi karir yang berbasis di Inggris dan penulis Knockout CV. Namun, seperti yang diketahui oleh siapa pun yang pernah menulis surat lamaran, tidak mudah melakukannya dengan baik.
Tips membuat cover letter:
- Buat pernyataan pembukaan yang kuat yang memperjelas mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu dan apa yang Anda tawarkan.
- Bersikaplah ringkas — manajer perekrutan harus dapat membaca surat Anda secara sekilas.
- Bagikan pencapaian yang menunjukkan bahwa Anda dapat mengatasi tantangan yang dihadapi pemberi kerja.
- Jangan terlalu sok asyik atau melemparkan kelucuan di dalam cover letter.
- Jangan kirim surat lamaran umum, sesuaikan masing-masing untuk pekerjaan tertentu.
- Jangan berlebihan dengan sanjungan, jadilah profesional dan dewasa.
Ria Amelia
08123456789
riamelia@hmail.com
Maret 2023
Yth. Bapak/Ibu HRD Manager PT xxx
Saya sangat senang ketika mengetahui PT xxx membuka lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan saya. Ketika Anda membutuhkan asisten administrasi untuk kantor pusat Anda di Indonesia, saya yakin ini pekerjaan yang cocok untuk saya. Sebagai administrator berpengalaman, saya ingin membantu PT xxx dalam memenuhi tujuannya untuk menyediakan produk berkualitas. (tunjukkan Anda mengetahui profil perusahaan)
Saya telah menghabiskan seluruh karir saya bekerja untuk bisnis kecil, jadi saya menikmati kesempatan untuk melakukan banyak tugas dan berkolaborasi dengan tim yang lebih besar untuk menjadi sukses. Saya menerapkan sistem penjadwalan sendiri untuk perwakilan layanan pelanggan pada posisi terakhir saya sebagai asisten administrasi di PT xxx (pengalaman kerja dan prestasi Anda), hal ini dapat menghemat ribuan dolar untuk pekerja sementara pimpinan saya mengurangi jumlah shift yang dibatalkan. Selain itu, saya meningkatkan kemampuan Excel saya dan mempelajari desain situs serta pengkodean timesheet.
Saya telah mengirimkan resume saya untuk Anda tinjau, dan saya berharap dapat segera mendiskusikan persyaratan untuk posisi tersebut dengan Anda.
Salam,
Ria Amelia.
Penulis: Sulthoni
Editor: Dipna Videlia Putsanra