Cerita Kirab Kaesang-Erina di Solo & Panggung Hiburan Rakyat

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 11 Des 2022 11:47 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kaesang dan Erina yang mengenakan pakaian dodot basahan adat Solo mengikuti kirab pengantin dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.
tirto.id - Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan istri, Erina Sofia Gudono melakukan kirab saat menuju Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, yang menjadi tempat digelarnya tasyakuran walimatul ursy, pada Minggu, 11 Desember 2022. Kaesang dan Erina tampak mengenakan pakaian dodot basahan adat Solo.

Berdasarkan keterangan dari tim media pernikahan Kaesang-Erina, dalam kirab tersebut, pasangan pengantin beserta keluarga dari kedua pihak menaiki 10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

"Kaesang dan Erina tampak duduk di kereta kencana paling depan, sementara Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berada di kereta kencana terakhir bersama dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution," menurut rilis pers tim pernikahan Kaesang-Erina, Minggu (11/12/2022).


KIRAB PERNIKAHAN KAESANG DENGAN ERINA
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (kedua kiri) bersama istrinya Erina Gudono (ketiga kiri) mengikuti prosesi kirab di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym.


Di barisan paling depan kirab berderet prajurit Keraton Kasunanan Surakarta sebanyak 81 orang. Selain itu, ada juga korps musik dan enam bregodo atau pasukan prajurit keraton yakni Tamtomo, Prawiro Anom, Jayeng Astro, Sorogeni, Joyosuro, dan Doropati.

Masyarakat riuh menyambut riuh kirab tersebut. Kaesang dan Erina tampak menebar senyum seraya melambaikan tangan menyapa masyarakat yang antusias menanti kedatangan keduanya sejak pagi hari. Hal yang sama juga dialami Jokowi yang juga berkali-kali menangkupkan kedua tangannya seraya mengucapkan terima kasih kepada warga.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menyampaikan kegiatan tasyukuran pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro Pura Mangkunegaran penyambutannya masyarakat luar biasa.

"Pernikahan ini, hari yang spesial kami senang melihat masyarakat ikut senang menyambut," kata Jenderal Andika saat mampir di Media Center Kopi Kulonuwun Solo, Minggu (11/12/2022), sebagaimana diberitakan Antara.

Menurut Panglima semua masyarakat senang bisa menikmati pesta rakyat ini, dan yang penting tidak ada apa-apa.

KIRAB PERNIKAHAN KAESANG-ERINA DI SOLO
Presiden Joko Widodo (tengah) menyambut warga saat menaiki kereta dalam mengikuti prosesi kirab Ngunduh Mantu di jalan Selamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/nym.


Panglima menyampaikan memang khusus rute kirab terekspos langsung pada masyarakat sekitar 1,8 juta orang. Pihaknya sudah merencanakan menggelar kemudian mengecek ada yang diperbaiki dan sekarang jam kirabnya.

Jumlah personel dari TNI yang diturunkan dalam kegiatan kirab tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina, sebanyak 9.600 orang, ditambah Polri, dan institusi lain seperti pemadam kebakaran, tenaga medis, dan lainnya totalnya sebanyak 11.800 orang.

Masyarakat juga dihibur dengan adanya beragam panggung hiburan rakyat yang tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Panggung hiburan rakyat tersebut menampilkan Karawitan Muda, Keroncong Sawunggaling, ANF Band, OK Latar Jembar, Romanz Pitoe, Pengamen Pecel Solo, Keroncong Muda Surakarta, Karawitan Sanggar Gedong Kuning, dan Keroncong de Java.

Proses kirab berjalan lancar, dimulai dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran.


Setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 1,7 kilometer, kirab pengantin tiba di gerbang Pura Mangkunegaran. Saat tiba, kirab pengantin disambut oleh 80 prajurit Mangkunegaran dan delapan pasang putra-putri Solo.

Kedua pengantin beserta keluarga kemudian turun dari kereta kencana dan berjalan kaki menuju Pura Mangkunegaran untuk selanjutnya mengikuti tasyakuran walimatul ursy sesi pertama. Pada malam hari nanti juga akan digelar tasyakuran sesi kedua.

Pantauan Tirto, per pukul 11.49 WIB, suasana di Pura Mangkunegaran masih ramai, Presiden Jokowi dan mempelai masih menerima ucapan selamat dari para tamu undangan yang hadir.

NGUNDUH MANTU PERNIKAHAN PUTRA PRESIDEN
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) mengikuti prosesi pasrah penampi boyong pengantin saat acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). ANTARA FOTO/Maulana Surya/nym.



Baca juga artikel terkait KIRAB KAESANG ERINA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight