Cek Bansos PPKM Darurat Juli 2021 di cekbansos.kemensos.go.id

Oleh: Yantina Debora - 9 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cek penerima bansos PPKM Darurat Juli 2021 dengan mengakses portal Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.
tirto.id - Jadwal pencairan bansos Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat direncanakan bakal dilakukan pada pekan kedua Juli 2021.

“Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan tiga jenis bantuan sosial yang segera disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Tiga jenis bansos, yakni:

1. Program Keluarga Harapan (PKH),
2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako dan
3. Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bansos PKH bakal disalurkan 10 juta KPM, sedangkan BPNT/Kartu Sembako dari semula menjangkau 15,93 juta KPM, ditingkatkan jangkauannya untuk 18,8 juta KPM dan penerima BST mencapai 10 juta KPM.

Pemerintah mengalokasikan Rp13,96 triliun untuk 10 juta penerima KPM PKH; Rp 45,12 triliun untuk 18,8 juta penerima KPM BPNT/Kartu Sembako dan Rp6,1 triliun bagi 10 juta penerima KPM BST.

Bansos BPNT bakal dicairkan sebesar Rp200 ribu/KPM/bulan. Sedangkan untuk bantuan tunai, Kemensos akan menyalurkan bansos BST Mei, Juni dan Juli pada bulan ini sehingga jumlahnya Rp600 ribu per KPM.

Selain itu Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan setiap penerima bantuan sosial tunai dan Program Keluarga Harapan akan menerima tambahan beras sebanyak 10 kg.

“BST dan PKH disalurkan masing-masing bagi 10 juta penerima plus menerima beras sebanyak 10 kg,” ujar Mensos di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Dengan bantuan beras, diharapkan masyarakat miskin terdampak pandemi tercukupi kebutuhan pokoknya.

Penyaluran Bansos PPKM Darurat Juli 2021

Bantuan beras sebanyak 10 kg untuk penerima PKH dan BST akan disalurkan oleh Perum Bulog, mengingat jaringan Bulog terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” katanya.

Sedangkan pencairan bansos PKH Kemensos ini bakal dilakukan melalui Bank HIMBARA yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri dan BNI.

BPNT juga bakal disalurkan melalui perbankan dan agen yang ditunjuk untuk periode Januari - Desember 2021. Sementara BST bakal disalurkan menggunakan PT Pos.

Cara Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Kementerian Sosial menyediakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang bisa digunakan untuk mengecek penerima bansos PPKM Darurat atau bansos lainnya.

Cara mengetahui apakah Anda penerima bansos PPKM darutat bisa dicek melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Berikut cara mengecek bansos Kemensos:

1. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
2. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
3. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode
4. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru
5. Klik tombol CARI DATA


Baca juga artikel terkait BANSOS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight