Cek Banjir Jakarta Hari Ini di Mana Saja dengan Link CCTV & Twitter

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek banjir jakarta hari ini di mana saja dengan link CCTV dan Twitter.
tirto.id - Banjir Jakarta hari ini melanda sejumlah wilayah, bahkan di Pondok Jaya X, para penghuni harus diungsikan karena banjir mencapi ketinggian 15, meter pada Sabtu (20/2/2021). Anda bisa memantau update lokasi banjir Jakarta hari ini di mana saja melalui link CCTV.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki link CCTV resmi yang bisa diakses masyarakat untuk memantau kondisi banjir hari ini di Jakarta. Selain melalui link CCTV, Anda juga bisa mengecek update banjir Jakarta melalui akun Twitter lembaga yang menanganinya.

Cara Cek Lokasi Banjir Jakarta Hari Ini


Anda bisa mengecek lokasi banjir Jakarta hari ini melalui CCTV yang disediakan pemerintah DKI Jakarta, dengan mengikuti langkah berikut ini:


1. Buka link http://smartcity.jakarta.go.id/maps/ melalui ponsel.

2. Di bagian kanan laman peta, pilih "Badan Penanggulangan Bencana Daerah".

3. Scroll pilihan ke bawah dan pilih "CCTV Lokasi Rawan Banjir (Radius 1.000 meter)".

4. Pada peta, akan muncul simbol-simbol CCTV yang bisa Anda pilih sesuai dengan lokasi yang Anda ingin lihat.

Selain melalui CCTV, Anda juga bisa memantau lokasi banjir melalui Twitter dari akun-akun yang menangani banjir, yaitu:

1. TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro)

2. BPBD DKI Jakarta (@BPBDJakarta)

3. Info Jakarta (@infojakarta)

4. Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta (@DinaSDAJakarta)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir, karena diprediksi adanya peningkatan intensitas hujan dari sedang ke lebat secara merata bisa terjadi di Jabodetabek pada 20, 23 dan 24 Februari 2021.

"Prediksi kami akan ada peningkatan curah hujan, peta hari ini ada perubahan dari hijau ke kuning. Artinya ada peningkatan intensitas hujan menjadi lebat hampir di seluruh wilayah Jabodetabek. Namun besok, warnanya menjadi hijau muda artinya intensitas jadi rendah, energi sudah terlepas untuk hari ini," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan pers daring di Jakarta, Sabtu (20/2/2021), seperti dikutip Antara News.

Prediksi BMKG untuk Minggu (22/2/2021), warna peta curah hujan sudah berubah menjadi hijau sangat muda yang artinya intensintasnya rendah. Namun di wilayah selatan mulai menua yang artinya mulai terbentuk curah hujan dengan intensitas ringan.

Pada Senin (23/2/2021), ia mengatakan warna peta prediksi curah hujan berubah menjadi kuning kemerahan. Hal yang perlu diwaspadai kondisi tersebut hampir merata di seluruh Jabodetabek.

"Jadi waspada. Hari ini kita masih harus waspada. Kemudian 23 dan 24 waspada berikutnya. Itu yang perlu kami tekankan," ujar Dwikorita.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Radjab mengatakan prakiraan intensitas curah hujan sedang hingga lebat pada 23 Februari itu dapat berlangsung selama 24 jam, sehingga perlu kewaspadaan terhadap potensi banjir terutama di selatan Jabodetabek.

"Kalau dilihat jumlah curah hujannya kami melihat potensinya masih lebat bahkan sampai sangat lebat. Tapi tidak selebat 24 jam terakhir," ujar Fachri.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Jabodetabek pada Jumat (19/2) dan Sabtu pagi (20/2), menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.


Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom
DarkLight