Menuju konten utama

Cara Menjaga Akun Gmail Agar Tak Dihapus Google 1 Desember 2023

Google akan menghapus akun Gmail yang tak lagi aktif pada 1 Desember 2023. Ini tips dan cara mempertahankan akun Gmail agar tak dihapus.

Cara Menjaga Akun Gmail Agar Tak Dihapus Google 1 Desember 2023
Ilustrasi Gmail. foto/istockphoto

tirto.id - Perusahaan teknologi Google akan menghapus akun Gmail yang tak lagi aktif pada 1 Desember 2023. Berdasarkan pengumuman yang dirilis Google di Pusat Bantuan Akun Google, akun Gmail yang akan dihapus adalah akun-akun yang sudah tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun.

Lantas, bagaimana cara menjaga akun Gmail agar tak dihapus Google pada 1 Desember mendatang? Kabar baiknya, Google turut merilis beberapa langkah untuk mempertahankan akun Gmail yang sudah lama tidak digunakan.

Langkah-langkah tersebut bisa diterapkan oleh pengguna Gmail yang ingin menjaga akunnya dari penghapusan serentak Google.

Prosedur penghapusan akun Gmail ini rutin dilakukan Google setiap akhir tahun. Dikutip dariGoogle Blog, prosedur ini dilakukan untuk mengurangi risiko pencurian identitas dan peretasan.

Pasalnya, menurut Google akun-akun yang sudah lama tidak digunakan rentan dicuri dan disusupi konten-konten ilegal berbahaya.

Gmail sendiri merupakan salah satu aplikasi e-mail yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut data dariTech Jury, per April 2023 tercatat ada 1,8 triliun pengguna aktif bulanan Gmail.

Sementara itu menurutWorld Population Review, Indonesia menempati posisi teratas sebagai pengguna Gmail terbanyak di dunia. Hal ini dibuktikan dengan 82,6 persen warga Indonesia memiliki akun Gmail.

Negara kedua pengguna Gmail terbanyak adalah India yang diikuti oleh Chili, Afrika Utara, dan Brazil.

Syarat Akun yang Akan Dihapus Google

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google akan menghapus akun Gmail yang dalam 2 tahun terakhir tidak lagi aktif. Akun-akun yang akan dihapus termasuk akun kantor, sekolah, maupun akun organisasi.

Akun yang memenuhi syarat penghapusan akan menerimae-mailpemberitahuan secara berkala. Perlu diketahui bahwa tidak semua akun yang tidak aktif selama 2 tahun akan dihapus.

Pasalnya, masih menurutPusat Bantuan Googleketentuan ini akan dikecualikan bagi akun-akun yang memenuhi syarat berikut:

  • Akun digunakan untuk membeli produk aplikasi, layanan, atau langganan Google yang terkini atau sedang berlangsung.
  • Akun berisi kartu hadiah atau saldo Google.
  • Akun memuat aplikasi atau game yang dipublikasikan dengan langganan aktif berkelanjutan atau transaksi keuangan aktif yang terkait dengannya.
  • Akun memiliki aplikasi di Google Play Store.
  • Akun mengelola akun anak di bawah umur yang aktif menggunakan Family Link.
  • Akun digunakan untuk membeli item digital seperti buku dan film.

Cara Menjaga Akun Gmail Agar Tak Dihapus Google

Akun Gmail yang dihapus akan menyebabkan seluruh data yang bertaut di dalamnya akan ikut terhapus. Data-data yang dimaksud termasuk pesan e-mail, media, aplikasi, hingga data-data lain yang bertaut dicloudGoogle Drive.

Agar data-data tersebut bisa terjaga, pengguna harus mengaktifkan kembali akun Google yang sudah lama tidak digunakan. Menurut Google cara menjaga akun Gmail agar tak dihapus Google bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Membaca atau mengirim e-mail

Cara pertama untuk mempertahankan akun Gmail adalah dengan menggunakan kembali e-mail. Penggunaan e-mail ini bisa dengan membaca atau mengirim pesan dari dan ke pengguna lain.

2. Menggunakan Google Drive

Selain membaca dan mengirim e-mail, akun Gmail juga bisa dipertahankan dengan cara mengaktifkan kembali penggunaan Google Drive. Pengguna bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan foto, video, dokumen, bahkan aplikasi.

3. Menonton video YouTube

Pengguna juga bisa mempertahankan akun Gmail dengan menggunakannya untuk nonton YouTube. Caranya adalah dengan masuk ke akun YouTube menggunakan Gmail, lalu pakai untuk menonton video apapun.

4. Berbagi foto

Akun Gmail juga bisa diaktifkan kembali dengan kegiatan berbagi foto. Kegiatan berbagi foto bisa melalui Google Foto yang bertaut akun Gmail atau dengan berkirim e-mail.

5. Mengunduh aplikasi

Cara lainnya untuk menjaga akun Gmail agar tidak dihapus Google adalah dengan mengunduh aplikasi lewat Play Store. Caranya adalah melakukan login ke aplikasi Play Store menggunakan akun Gmail, kemudian unduh aplikasi apapun ke perangkat.

6. Melakukan penelusuran di Google

Akun Gmail juga bisa dipertahankan dengan menggunakannya untuk melakukan penelusuran di Google. Caranya adalah dengan mengubah akun Gmail yang terhubung di Google Chrome menjadi akun yang sudah jarang dipakai. Kemudian, gunakan akun tersebut untuk melakukan pencarian atau menelusuri internet selama beberapa hari.

7. Masuk ke aplikasi pihak ketiga dengan Gmail

Cara terakhir yang bisa dilakukana dalah masuk ke aplikasi pihak ketiga menggunakan Gmail. Ada banyak aplikasi yang bisa ditautkan ke akun Gmail, mulai dari media sosial seperti Instagram, X, dan TikTok, maupun akun pesan singkat seperti WhatsApp.

Baca juga artikel terkait GMAIL atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Teknologi
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya