tirto.id - Penggunaan media sosial di Indonesia sudah menjadi sebuah pilihan gaya hidup yang lumrah dalam beberapa tahun terakhir.
Hal ini membuat Indonesia menjadi negara dengan pengguna sosial media Facebook dan Instagram terbesar keempat di dunia.
Menurut data riset dari portal diskon online, Cuponation, hingga April 2019 jumlah pengguna media sosial Facebook di Indonesia mencapai 120 juta mengalahkan Meksiko, Filipina, Thailand, Turki, dan Inggris.
"Jumlah ini mengantarkan Indonesia sebagai negara keempat dengan pengguna Facebook terbanyak setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil," kata Humas CupoNation, Olivia Adinda Putri, dalam rilis yang diterima Tirto.
Berikut daftar negara pengguna Facebook terbesar yang dikutip dari Cuponation
1. India – 260 juta pengguna
2. Amerika Serikat – 190 juta pengguna
3. Brasil – 120 juta pengguna
4. Indonesia – 120 juta pengguna
5. Meksiko – 76 juta pengguna
6. Filipina – 66 juta pengguna
7. Vietnam – 55 juta pengguna
8. Thailand – 45 juta pengguna
9. Turki – 37 juta pengguna
10. Inggris – 37 juta pengguna
Berada di urutan yang sama untuk pengguna Instagram, Indonesia tercatat memiliki 56 juta pengguna Instagram.
Sementara jumlah tertinggi dipegang oleh negara Amerika Serikat dengan jumlah 110 juta lalu disusul dengan Brasil dan India yang masing-masing memiliki 66 dan 64 juta pengguna.
Berikut daftar negara pengguna Instagram terbesar yang dikutip dari Cuponation
1. Amerika Serikat – 110 juta pengguna
2. Brasil – 66 juta pengguna
3. India – 64 juta pengguna
4. Indonesia – 56 juta pengguna
5. Rusia – 35 juta pengguna
6. Turki – 34 juta pengguna
7. Jepang – 24 juta pengguna
8. Inggris – 22 juta pengguna
9. Meksiko – 20 juta pengguna
10. Jerman – 18 juta pengguna
Tidak hanya sosial media, masyarakat Indonesia juga banyak menggunakan aplikasi chatting untuk menunjang aktivitas komunikasi sehari-hari.
Untuk aplikasi chatting terpopuler di Indonesia diraih oleh WhatsApp dimana 83 persen dari total pengguna aktif sosial media menggunakan aplikasi ini.
Sementara di peringkat kedua ada aplikasi Line yang tercatat memiliki 59 persen dari total pengguna aktif sosial media.
Lalu, disusul dengan Facebook Massanger sebanyak 47 persen, BBM sebanyak 38 persen, dan WeChat sebanyak 28 persen dari pengguna aktif media sosial.
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo