TikTok Shop akan Kembali Buka & Gabung ke Salah Satu e-Commerce

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 17 Nov 2023 20:14 WIB
TikTok Shop memang sudah berniat untuk membuka kembali layanannya sebagai e-commerce, namun masih dalam proses transisi regulasi.
tirto.id - Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, KemenkopUKM, Temmy Satya Permana, mengatakan TikTok Shop akan kembali hadir di Indonesia dengan bergabung ke e-commerce tertentu yang ada di Indonesia.

“[Akan] buka, informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan akan combine,” kata Temmy saat ditemui awak media di Kantor KemenkopUKM, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Temmy menjelaskan, TikTok Shop memang sudah berniat untuk membuka kembali layanannya sebagai e-commerce, namun regulasi yang hadir melalui Permendag Nomor 31 Tahun 2023 masih dalam tahap proses untuk transisi.

“Sebenarnya mereka sedang proses, tapi memang tidak ada peralihan dari transisi regulasi itu, mereka enggak sanggup dalam waktu satu minggu,” ucap Temmy.

Disinggung e-commerce apa yang akan menjadi tumpangan TikTok Shop, Temmy belum mau membocorkannya.

"Nanti ada bocorannya, ada beberapa versi udah saya dengar, tapi saya belum berani ngomong, tapi kemungkinan dia akan bergabung dengan (entitas lain). Kemungkinan ya, karena kalau bikin perusahaan sendiri (PT) kayaknya enggak," jelasnya.

TikTok Shop yang merangkap sebagai media pemasaran dan penjualan resmi tutup alias tidak beroperasi pada Rabu, 4 Oktober 2023.

"Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," demikian dikutip melalui laman resminya, Selasa (3/10/2023).



Baca juga artikel terkait TIKTOK SHOP atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Bayu Septianto

DarkLight