Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Dihapus

Oleh: Septiany Amanda - 4 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur recently deleted memberi kesempatan pengguna Instagram menyimpan konten sebelum menghapusnya secara permanen.
tirto.id - Instagram merilis fitur untuk mempermudah pengguna mengembalikan unggahan yang dihapus. Fitur berama recently deleted itu memungkinkan pengguna meninjau dan memulihkan konten yang dihapus seperti foto, video, Reels, IGTV dan Stories.

Instagram memposisikan fitur recently deleted agar bermanfaat melawan peretasan, terutama jika peretas mendapatkan kendali atas akun dan mulai menghapus konten.

"Kami tahu ini adalah sesuatu yang diminta banyak orang, dan kini, untuk pertama kalinya, Anda dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Kami juga menambahkan perlindungan untuk membantu mencegah peretas menyusupi akun Anda dan menghapus postingan yang telah Anda bagikan", kata Instagram dikutip dari situs resminya.

Instagram mengetahui jika peretas terkadang menghapus konten ketika mereka mendapatkan akses ke akun, dan hingga sekarang orang tidak memiliki cara yang mudah untuk mendapatkan kembali foto dan video mereka.

Dilansir The Verge, pengguna perlu mengonfirmasi bahwa mereka adalah pemilik akun melalui teks atau email untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen.

Foto, video, Reels, dan IGTV yang dihapus akan tetap berada di folder selama 30 hari, dan jika tidak disentuh, item yang dihapus secara otomatis setelah itu. Namun Stories yang dihapus adalah pengecualian. Stories tersebut hanya akan tetap berada di bagian yang baru dihapus selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen.

Berikut cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus sebagaimana dipaparkan 9to5mac :

  • Buka Instagram, lalu klik tab profil di sudut kanan bawah (ikon orang);
  • Kemudian, klik ikon tiga garis di sudut kanan atas;
  • Pilih Pengaturan;
  • Klik Recently Deleted (Baru Dihapus);
  • Pilih postingan / video / cerita, setelah itu klik Pulihkan.

Dengan fitur recently deleted, Instagram ingin memberi kesempatan kepada pengguna untuk menyimpan konten mereka sebelum menghapusnya secara permanen.

Instagram sebelumnya telah menawarkan fitur arsip atau cara untuk menyimpan postingan tanpa tersedia untuk umum.

Fitur arsip tersebut memungkinkan orang untuk menyimpan postingan mereka sebagai opsi, meskipun mereka ingin menghapusnya terlebih dahulu.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Septiany Amanda
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight