tirto.id - Influencer makin berkembang seiring bertambahnya pengguna media sosial saat ini. We Are Socialmencatat, lebih dari 4,5 miliar orang sekarang menggunakan internet, sementara pengguna media sosial telah melampaui angka 3,8 miliar.
Hampir 60 persen populasi dunia sudah online, dan tren terbaru menunjukkan bahwa lebih dari separuh total populasi dunia menggunakan media sosial pada pertengahan 2020. Di seluruh dunia, ada 3,80 miliar pengguna media sosial pada Januari 2020, dengan jumlah ini meningkat lebih dari 9 persen (321 juta pengguna baru) sejak tahun lalu.
Influencer membangun reputasi atas pengetahuan dan keahlian pada topik tertentu, misalnya skin care hingga fesyen. Mereka membuat unggahan secara rutin di saluran media sosial, dilansir dari Influencemarketinghub.
Influencer berhasil memiliki pengikut yang antusias, terlibat dalam memperhatikan pandangan mereka. Influencermarketinghub menilai, di mata followers, influencer juga sukses menciptakan tren dan mendorong pengikut mereka untuk membeli produk yang mereka promosikan.
Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut:
Influencer yang memiliki lebih dari 1 juta pengikut di setidaknya satu platform sosial. Biasanya, selebritas yang memperoleh ketenaran secara offline, seperti bintang film, olahragawan, musisi, dan bahkan bintang reality televisi. Namun, ada juga mega-influencer telah mendapatkan banyak pengikut melalui aktivitas online dan sosial mereka. Persis seperti artis terkenal, mega-influencer biasanya memiliki agen yang mengurusi mereka dalam mengambil keputusan untuk iklan.- Makro-Influencer
- Mikro-Influencer
- Nano-Influencer
Tips Menjadi Influencer
- Pilih Platform
Sebagai influencer, Anda harus meneliti dan memposting konten sesuai dengan tema pilihan Anda. Jadi, lebih baik memilih sesuatu yang Anda sukai untuk dibagikan di sosial media, seperti memasak, review make up, atau game.
- Optimalkan Profil Media Sosial
- Pahami Audiens Anda
- Buat dan Postingan Konten yang Relevan
Penulis: Desika Pemita
Editor: Yulaika Ramadhani