Cara Membuat Abstrak untuk Penulisan Ilmiah

Oleh: Balqis Fallahnda - 1 Oktober 2021
Agar cara membuat abstrak sesuai aturan, ada 5 tips yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Berikut ini panduannya.
tirto.id - Cara membuat abstrak perlu diketahui oleh siapa saja khususnya mereka yang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah.

Abstrak pada sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi merupakan instrumen penting yang berguna membantu pembaca untuk mengetahui resume atau rangkuman, atau istilah lainnya adalah intisari dalam suatu penelitian.

Abstrak biasanya diletakkan pada lembar awal penelitian, ditulis dalam beberapa paragraf saja.

Meskipun, tulisannya terlihat pendek dan sederhana, menulis abstrak memiliki pakem tersendiri, sehingga dalam tulisan yang pendek tersebut, penulis harus merangkum beberapa unsur penting dalam penelitian.

Cara Membuat Abstrak


Berikut ini tips untuk menulis abstrak pada penelitian:

1. Jelaskan latar belakang masalah penelitian

Penelitian dipilih karena memiliki urgensi dan tujuan tertentu, maka pada bagian ini, perlu menjelaskannya secara singkat apa saja yang melatarbelakangi masalah tersebut, dan mengapa penelitian tersebut dilakukan.

2. Jelaskan metode yang digunakan pada penelitian

Metode penelitian adalah sebuah alat untuk menyelesaikan permasalahan pada suatu penelitian, maka metode adalah instrumen penting yang harus dijelaskan pada abstrak.

3. Deskripsikan hasil penelitian

Bagian ini bertujuan menjelaskan secara singkat hasil penelitian, dapat berupa apa saja yang didapat saat melakukan penelitian, jelaskan secara umum saja.

4. Simpulkan hasil penelitian

Kesimpulan adalah suatu hal yang paling vital dalam suatu penelitian, dimana peneliti harus menyimpulkan keseluruhan penelitiannya hanya dengan beberapa kalimat saja.

5. Berikan kata kunci di akhir paragraf

Kata kunci pada penelitian berguna untuk memudahkan pencarian secara online, kata kunci dapat dipilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.


Baca juga artikel terkait PENULISAN ILMIAH atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight