Cara Membedakan Busi NGK Asli dan Palsu

Oleh: Muhammad Fadly - 24 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah beberapa cara membedakan antara busi yang palsu dan busi asli.
tirto.id - Busi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan karena berfungsi untuk menyalakan bahan bakar. Energi listrik yang ditransmisikan melalui busi memunculkan percikan api sehingga membakar bahan bakar dan udara di ruang mesi yang telah dikompresi, demikian seperti dilansir dari laman The Green Spark Plug.

Namun, apa jadinya jika busi yang digunakan adalah busi NGK palsu? Hal itu tentu saja menimbulkan beberapa dampak. Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa menunjukkan bahwa kerugian ekonomi Eropa akibat produk busi palsu bisa mencapai 60 miliar euro per tahun--setara dengan 7,5 persen dari penjualan Eropa. Belum lagi kerugian individu yang disebabkan oleh pelanggan yang ditipu.

Dilansir dari laman NGK NTK, Tim Layanan Teknis NGK SPARK PLUG baru-baru ini menyadari kasus-kasus di mana pelanggan membeli busi CR9EIX NGK di internet, yang terbukti produk palsu. Menurut Kai Wilschrei, Manajer Layanan Tekhnis Aftermarket EMEA di NGK SPARK PLUG EROPE, busi yang palsu mudah meleleh dan menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Apa perbedaan antara yang asli dan yang palsu?

“Busi NGK CR9EIX asli memiliki elektroda tengah dengan ujung iridium. Bahan ini memiliki titik leleh yang sangat tinggi dan sangat keras dan tahan lama,” jelas Kai.

“Namun, colokan palsu tidak memiliki iridium di elektroda tengah. Mereka menampilkan elektroda Nikel standar yang diruncingkan dengan mesin bubut, memberikan kesan optik yang sama dengan ujung iridium,” lanjutnya.

"Bagian palsu ini sangat lemah dan tidak tahan panas. Titik lunak ini menyebabkan elektroda tengah meleleh, menyebabkan kerusakan pada mesin.”

Apa yang harus dilakukan jika ragu?

Berikut adalah beberapa saran ahli dari tim Layanan Teknis NGK SPARK PLUG:

1. Pencitraan merek

Lihatlah nama produk pada busi. Jika jika font tersebut ternoda, produk mungkin palsu.

2. Gala

Perhatikan bagian crimping steker dengan cermat. Jika melihat tanda pemotongan mesin di atasnya, waspada: ini menunjukkan produk palsu.

3. Hexagonal

Selanjutnya, periksa Hexagonal. Jika tidak ada Nomor Lot dan/atau jenis font yang berbeda itu bukan produk asli.

4. Bagian C-Groove

Kemudian lihat bagian C-Groove dari busi. Jika melihat tanda pemotongan mesin pada permukaan kulit logam, sekali lagi, ini adalah tanda palsu.

5. Elektroda

Terakhir, perhatikan baik-baik bentuk elektroda. Bentuk elektroda yang asli sangatlah rapid an kemungkinan patahnya atau merusak mesin itu kecil.

Tips sebelum membeli busi NGK, perhatikan terlebih dahulu beberapa poin di atas agar bisa membedakan mana yang asli dan palsu agar tidak mendapatkan kerugian yang besar ke depannya. Selain itu, NGK SPARK PLUG merekomendasikan untuk selalu membeli dari pengecer atau pemasok yang dipercayai. Jika telah membeli barang palsu, ambil tindakan hukum.




Baca juga artikel terkait BUSI atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadly
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Muhammad Fadly
Penulis: Muhammad Fadly
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight