Cara Download Video & Mp3 di Youtube Secara Legal via HP & PC

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan, tirto.id - 2 Nov 2022 13:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut cara mengunduh video dan musik (Mp3) dari YouTube secara legal dan gratis.
tirto.id - Video atau musik yang biasa ditonton di YouTube ternyata bisa diunduh (download) dan disimpan di ponsel (HP) maupun perangkat komputer (PC). Berikut ini cara download Video dan Mp3 di Youtube secara legal.

YouTube adalah sebuah platform streaming video yang dikembangkan sejak Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Sejak pertama kali berdiri pada 2005 silam, YouTube menjadi salah satu aplikasi berbagi video yang banyak digunakan. Platform streaming video dan musik tersebut menawarkan berbagai konten menarik yang cocok ditonton untuk berbagai kalangan, mulai dari yang sekadar konten hiburan hingga edukatif.


Selain bisa ditonton secara daring dan harus terkoneksi dengan internet, video dan musik yang ada di YouTube juga bisa dinikmati secara offline. Terdapat beberapa konten di YouTube yang bisa diunduh dan disimpan di perangkat milik pengguna. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar video dan musik YouTube bisa dinikmati secara offline.


Cara Unduh Video atau MP3 di YouTube


Tontonan video di YouTube dapat diunduh secara gratis dan legal melalui aplikasinya langsung, Dilansir dari situs resminya, berikut langkah-langkah untuk mengunduh video di YouTube secara aman, gratis, menggunakan aplikasi YouTube resmi.
  • Gunakan aplikasi seluler YouTube resmi (Android/iOS);
  • Ketuk video yang ingin diunduh. Sebagai catatan, ada beberapa video ada yang tidak tersedia untuk diunduh;
  • Ketuk tombol atau ikon "download" tepat di bagian bawah capture video;
  • Pilih kualitas video sesuai kebutuhan;
  • Ketuk "OK" untuk menyimpan video YouTube di perangkat ponsel anda.


Mendownload video ke Kartu SD ponsel


Jika video yang diunduh ingin tersimpan ke kartu memori eksternal (SD card) atau memori internal ponsel, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti, di antaranya meliputi:
  1. Pastikan anda sudah menjadi pelanggan YouTube Premium
  2. Pastikan lokasi anda berada di negara yang mengizinkan untuk men-download video YouTube
  3. Silakan unduh video yang anda inginkan. Sebagai catatan, ada beberapa video yang tidak tersedia untuk diunduh.
Apabila perangkat Android/iOS belum memiliki SD Card, masukkan terlebih dahulu agar video yang diunduh disimpan di kartu SD.


Kelebihan mengunduh Video dan Mp3 dari YouTube secara legal


Video YouTube tidak bisa diunduh secara sembarangan. Berdasarkan rilis Term of Service dari pihak YouTube, tidak diperbolehkan untuk men-download video dari YouTube tanpa izin dari pemilik video atau pihak YouTube. Untuk itu, pengguna diharapkan hanya mengunduh konten yang diizinkan oleh pihak terkait.

Berikut kelebihan mengunduh Video atau Mp3 dari Youtube secara legal:

1. Terhindar dari Resiko Malware

Malware merupakan jenis perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server, atau jejaring komputer tanpa izin (informed consent) dari pemilik. Menggunakan situs digital untuk mengunduh video YouTube dapat menyebabkan malvertising yang berisi iklan online berbahaya.

Selain itu, mengunjungi situs web yang tidak aman membuat komputer pengguna rentan terhadap virus komputer. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan berkas hingga pencurian informasi pribadi.

2. Tidak termasuk tindakan ilegal

Hampir semua negara yang memiliki undang-undang hak cipta, melarang siapapun untuk mengunduh video youtube atau memperbanyak salinan konten secara ilegal. Mengunduh video dari YouTube secara ilegal melanggar persyaratan layanan YouTube. Perusahaan terkait berhak menuntut pelanggar atas tindakan itu.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ruhma Syifwatul Jinan
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof

DarkLight