Cara Cek Sisa Kapasitas Penyimpanan Google Photos

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 2 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Google Photos sebentar lagi hanya memberikan ruang simpan gratis yang terbatas. Pengguna perlu rajin mengecek sisa kapasitas penyimpanan.
tirto.id - Selama ini, fitur penyimpanan tanpa batas Google Photos telah menarik minat banyak "fotografer" ponsel untuk mengunggah sebanyak mungkin foto. Apalagi disediakan pula pilihan unggahan “high quality” yang menjamin kualitas file tersimpan sesuai aslinya.

Google Photos sebentar lagi hanya memberikan ruang simpan gratis yang terbatas. Pengguna mesti berlangganan Google One apabila memerlukan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Kabar ini mungkin mengagetkan pengguna yang selama ini rutin menggunakan Google Photos untuk menyimpan foto-fotonya.

Dukungan penyimpanan tak terbatas dari Google Photos berakhir pada 1 Juni 2021 nanti. Sebagai gantinya, Google memberikan kapasitas gratis sebesar 15GB. File foto yang sebelumnya tersimpan dalam akun, ke depannya dianggap menjadi bagian dari kapasitas gratis 15GB.


Hanya saja, ruang 15GB tersebut dipakai bersama-sama untuk menyimpan dokumen pada Google Drive dan layanan Google lainnya seperti Gmail. Bisa jadi, pengguna mungkin mendapati warna merah tanda akan habisnya kapasitas penyimpanan, padahal jarang atau tidak pernah menyimpan file di Google Photos.

Apabila mau tetap mengakses ruang penyimpanan gratis tak terbatas di Google Photos, pengguna harus mengakses lewat ponsel pintar Google Pixel. Google memberikan pengecualian ini sebagai bagian dari fitur ponsel pintar besutannya.

Google memberikan alternatif bagi pengguna yang menginginkan ruang penyimpanan lebih besar dengan berlangganan akun Google One. Harga ruang sebesar 100GB dibanderol mulai dari 1,99 dolar AS atau sekira Rp 26.900 per bulan untuk saat ini.

Sementara untuk mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google Photos di akun pengguna cukup mudah, yakni dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke profil akun dengan klik gambar ikon Akun Google di pojok kanan atas pada aplikasi Google. Lalu, pilih menu “Kelola Akun Google Anda”.


2. Setelah masuk beranda profil, gulung (scroll) layar dan temukan menu “Penyimpanan Akun”. Di situ akan ditunjukkan berapa pemakaian kapasitas penyimpanan saat ini, beserta sisanya.

3. Jika ingin melihat detilnya, bisa klik menu “Kelola Penyimpanan”. Di sana akan ditunjukkan detil besaran penyimpanan mulai dari layanan Google Photos, Google Drive, hingga Gmail.

Sebelum Google memberlakukan pembatasan kapasitas penyimpanan di Google Photos, pengguna akan diberitahu dahulu saat jumlah penggunaan ruang simpan mereka mendekati atau melebihi ambang batas gratisan. Dengan begitu, pengguna dapat menyiapkan diri untuk mencadangkan atau menghapus foto-foto mereka.


Google berencana merilis tool untuk memberitahu pengguna tentang adanya foto-foto berkapasitas besar yang mungkin diperlukan pencadangan di tempat lain. Selain itu, akan muncul pula gambar buram yang menurut Google barangkali pengguna ingin menghapusnya. Tool ini, dapat membantu pengguna menghapus foto lama yang tidak diinginkan.

Google Photos dirilis Mei 2015. Layanan ini awalnya menjadi bagian dari media sosial Google+. Google menghentikannya dan menjalankan Google Photos secara mandiri. Fitur dari Google+ Photos tetap diadopsi pada Google Photos dan dilakukan penambahan fitur baru.

Hanya dalam dua tahun usai peluncuran, Google Photos meraih minat dari banyak pengguna ponsel pintar. Ada 500 juta pengguna kala itu dengan lalu lintas unggahan foto mencapai 1,2 miliar file per harinya.

Baca juga artikel terkait GOOGLE PHOTOS atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight