Bocoran Windows Versi Terbaru yang Akan Meluncur 24 Juni

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 4 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Versi terbaru Windows 10 nantinya sepertinya akan dipenuhi dengan visual-visual segar termasuk ikon sistem baru.
tirto.id - Versi terbaru dari Windows akan segera diumumkan Microsoft. Rencananya, Microsoft menguak generasi terbaru sistem operasinya pada 24 Juni 2021.

Dikutip dari PC Gamer, CEO Microsoft, Satya Nadella, pekan lalu mengatakan bahwa generasi selanjutnya dari Windows tengah dalam pengerjaan dan akan dikuak secepatnya. Microsoft sendiri telah mengirimkan undangan pada media. Selain Satya Nadella, Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay, akan mengisi acara tersebut.

Nadella juga sempat menyampaikan bahwa OS baru ini nantinya akan menciptakan kesempatan yang lebih banyak bagi pengembang Windows. Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa mereka menyambut setiap kreator yang mencari platform inovatif baru dan terbuka untuk membangun dan mendistribusikan serta memonetisasi aplikasi, demikian seperti dikutip dari Engadget.

Pengumuman itu menyusul kabar bahwa Microsoft telah menghentikan pengembangan Windows 10X, varian OS yang sejatinya didesain untuk perangkat dua layar. Tahun lalu, Microsoft mengubah fokus dari 10X ke perangkat satu layar untuk menciptakan pesaing OS Chrome.

Versi terbaru Windows 10 nantinya sepertinya akan dipenuhi dengan visual-visual segar termasuk ikon sistem baru, perbaikan File Explorer dan akhir dari ikon-ikon era Windows 95. The Verge melaporkan, Microsoft juga akan berfokus pada perbaikan fondasi dasar Windows dengan penambahan fitur Xbox Auto HDR dan perbaikan dukungan audio Bluetooth.

Windows 10 sendiri pertama dirilis pada 2015 dan sempat diumumkan bahwa OS ini akan gratis selama setahun. Upgrade gratis dari Windows 7 ke Windows 10 pun masih dapat dilakukan hari ini.

Sejak lahir di dunia, Windows pada dasarnya berbayar. Sistem operasi yang disebut Bill Gates sebagai “perangkat lunak unik yang dirancang bagi kalangan pengguna komputer serius” itu diperkenalkan ke publik pada 10 November 1983. Dua tahun berselang, tepat pada 20 November 1985, versi awal Microsoft Windows 1.0 dijual seharga 99 dolar AS. Namun, bila dikonversi dengan nilai dolar saat ini harganya mencapai 232 dolar AS.

Harga itu jauh lebih mahal dibandingkan versi anyar Windows 10 Home Edition yang dibanderol dengan harga 139 dolar AS pada laman resmi Microsoft. Awalnya, pengguna harus membayar dengan sejumlah uang baik untuk membeli baru maupun upgrade, misalnya, dari Windows Vista ke Windows 7.

Namun, sejak Windows 8.1 lahir, segalanya berubah. Pembaruan dari Windows 8 ke Windows 8.1 (atau kadang disebut sebagai Windows 9) yang meluncur pada 2013 silam bersifat gratis. Penggratisan oleh Microsoft atas upgrade Windows dilakukan mengikuti pesaingnya, Apple, yang lebih dulu melakukan langkah serupa.


Baca juga artikel terkait WINDOWS atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Ibnu Azis
DarkLight