BLACKPINK Diminta Tinggalkan YG, Tagar BLACKPINKLEAVEYG Trending

Oleh: Nuraini Ika - 14 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tagar BLACKPINK LEAVE YG jadi trending di Twitter karena BLACKPINK dianggap tak berkembang di bawah asuhan YG Entertainment.
tirto.id - Penggemar BLACKPINK atau biasa dikenal dengan nama BLINK berbondong-bondong meramaikan tagar #BLACKPINKLEAVEYG dan menjadi trending Twitter World Wide.

Menurut pantauan Tirto per 14 November 2019 pukul pukul 15.14 WIB tagar tersebut nagkring di peringkat ke-empat Twitter dunia dan tersemat lebih dari 118 ribu twit.

Melihat beberapa unggahan penggemar di dinding Twitter, tagar tersebut tampaknya bertujuan untuk menyampaikan aspirasi kekecewaan BLINK terhadap agensi yang memayungi BLACKPINK, YG Entertainment.

Salah satu protes yang paling terlihat jelas yakni di mana YG Entertainment hanya memberikan BLACKPINK comeback atau merilis album dan lagu baru dalam jarak waktu yang lama. Misalnya, sepanjang tahun 2019, BLACKPINK hanya melakukan satu promosi dan merilis satu lagu, “Kill This Love”.

Hal sama terjadi pada tahun 2018 dan 2017. Pada dua tahun tersebut, BLACKPINK juga hanya merilis satu lagu “As If It’s your Last” (2016) dan “Ddu-Du Ddu-Du” (2017).

“Apa gunanya menjadi girl grup global teratas ketika mereka memiliki 1 comeback per tahun, tidak ada album lengkap, dan mereka bahkan tidak dipromosikan sebagai grup lagi. Gadis-gadis itu berlatih hingga 6 tahun dan bahkan tidak diberi kesempatan untuk tumbuh sebagai seniman. #BLACKPINKLEAVEYG,” tulis salah satu penggemar lewat akun @Jennietrends. Saat tulisan ini dibuat, tweet tersebut telah disukai 4,7 ribu kali dan meraup 2,7 ribu retweet.

Hal serupa diungkapkan akun twitter @Flawerlalisa, "Sebenarnya untuk apa semua latihan keras (trainee) selama 6 tahun yang membosankan ? Sejak debut mereka, mereka dilarang melakukan hal yang sama & YGE dalam waktu hanya 3 tahun telah menghancurkan kepercayaan diri dan energi yang mereka bentuk selama traine #BLACKPINKLEAVEYG," tulisnya. Tweet tersebut, saat berita ini dibuat telah disukai 1,1 ribu kali dan mendapat 577 retweet.

Umumnya, idol group Korea Selatan dapat merilis 2 hingga 3 album atau lagu baru dalam satu tahun baik untuk kegiatan grup maupun individu anggotanya. Misalnya, girl group TWICE asuhan JYP Entertainment yang sepanjang 2019 setidaknya telah menelurkan dua album Fancy dan Feel Special.

Selain itu ada Red Velvet dari SM Entertainment, sepanjang 2019 grup ini juga menelurkan dua album versi Korea The Reve Festival Day 1 dan The Reve Festival Day 2. Hal serupa untuk boy group BTS yang pada 2019 telah menelurkan 1 album, 1 OST album, dan sejumlah lagu solo anggotanya.

BLACKPINK debut pada 8 Agustus 2016. Idol group yang digawangi Lisa, Jennie, Jisoo dan Rose ini telah menelurkan 1 studio album, 1 live album, 7 musik video, 3 mini album, 8 singles, dan 2 video album.

Sedari debutnya, BLACKPINK berhasil meraih sederet prestasi, mulai dari menjadi Rookie Award di ajang Asia Artis Awards 2016 hingga beberapa waktu lalu berhasil membawa pulang tiga tropi E! People’s Choice Awards 2019.

Beberapa waktu lalu, tepat 11 November 2019, salah satu MV lagu mereka yakni “Ddu-Du Ddu-Du” berhasil menjadi video klip K-pop Group pertama yang tembus 1 miliar penayangan di YouTube.


Baca juga artikel terkait BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight