Bareskrim Polri Panggil Perwakilan Facebook Indonesia Rabu Ini

Oleh: Abdul Aziz - 18 April 2018
Perwakilan Facebook Indonesia akan dimintai keterangan soal dugaan bocornya data pengguna dari Indonesia untuk kepentingan tertentu.
tirto.id - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri menjadwalkan panggilan pemeriksaan terhadap perwakilan Facebook Indonesia pada Rabu (18/4/2018).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto dalam pesan singkat, Rabu (18/4/2018). “Info dari Ditsiber Bareskrim Polri, tetap hari Rabu ini,” kata dia.

Akan tetapi, Setyo tidak menyebutkan detail soal waktu pemeriksaan. Ia hanya menyebut “jam kerja.”

Rencana pemeriksaan terhadap perwakilan Facebook Indonesia akan bertempat di Gedung Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Jalan Cideng, Jakarta Pusat.

Perwakilan Facebook Indonesia ini akan dimintai keterangan soal dugaan bocornya data pengguna Facebook dari Indonesia untuk kepentingan tertentu.

Setyo menambahkan, hingga saat ini belum ditemukan adanya pengguna jejaring sosial Facebook di Indonesia yang datanya dicuri untuk kepentingan tertentu.

“Kalau di sini, sampai sekarang, hasil penelusuran kami dan Kemkominfo belum ada yang sejenis Cambridge Analytica," kata dia.

Menurut Setyo, polisi pun belum menerima laporan dari masyarakat terkait kebocoran data pengguna FB.

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia yang mengakses media sosial itu setiap bulan diperkirakan lebih dari 115 juta orang, dari 2,07 miliar orang yang mengakses Facebook setiap bulan seluruh dunia.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - Hukum)

Sumber: antara
Penulis: Abdul Aziz
Editor: Abdul Aziz