Bandara Adisutjipto Perbaiki Runway, 9 Penerbangan Tertunda

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 November 2018
Perbaikan dilakukan sekitar 55 menit dan saat ini runway sudah bisa digunakan kembali.
tirto.id - Petugas Teknik Bandara Adisutjipto melakukan perawatan runway yang terkikis di beberapa bagian akibat intensitas hujan yang tinggi di Yogyakarta belakangan ini. Hujan itu menimbulkan weak spot di area Airside Adisutjipto tepatnya di 450 Meter dari Runway 09 (timur), 200 Meter dari touchdown area dan 50 Meter dari S2 pada Rabu (28/11/2018).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tirto, sekitar pukul 12.00 WIB petugas ATC (Air Traffic Control) melaporkan kerusakan tersebut kepada petugas Teknik Bandara Adisutjipto. Petugas teknik langsung menuju ke lokasi untuk melakukan perawatan dan perbaikan di area tersebut. Landasan dapat digunakan lagi pukul 12.55 WIB.

"Petugas teknik Bandara Adisutjipto langsung menuju ke lokasi tersebut untuk melakukan maintenance sehingga tepat pukul 12.55 WIB landasan dapat digunakan kembali," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.


Akibat pemeliharaan runway ini, sembilan penerbangan sempat tertunda, yaitu sebagai berikut.
  1. Air Asia tujuan CGK - JOG,
  2. Batik tujuan HLP - JOG.
  3. Airasia tujuan KUL-JOG.
  4. Garuda tujuan CGK-JOG.
  5. Air Asia dari SIN.
  6. Lion Air dari PKU.
  7. Xpress Air tujuan JOG-PNK.
  8. Lion Air tujuan JOG-BDJ.
  9. Nam Air tujuan JOG-PLM
Pandu menyatakan, dalam menghadapi musim hujan ini, demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus melakukan pengawasan dan pemeliharaan terutama di area Airside karena area tersebut merupakan area pergerakan pesawat.

"Untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan memasuki musim hujan, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan terus melakukan pengawasan dan pemeliharan terutama di area Airside," ujar Pandu.

Saat ini kegiatan operasional penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta berjalan lancar dan normal.


Baca juga artikel terkait BANDARA ADISUTJIPTO atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight