Jadwal German Open 2022

Bagan Badminton German Open 2022: Tayang Live iNews TV 12-13 Maret

Kontributor: Wan Faizal - 7 Mar 2022 09:37 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Bagan badminton German Open 2022 diikuti oleh total 6 wakil Indonesia. Simak daftar pemain Merah Putih & jadwal live iNews TV 12-13 Maret 2022.
tirto.id - Bagan badminton German Open 2022 yang akan tayang live di iNews TV pada 12-13 Maret mendatang, tidak banyak menghadirkan wakil Indonesia. Turnamen bulu tangkis berkategori BWF World Tour Super 300 ini total hanya akan diikuti oleh 3 pemain tunggal serta 3 pasang wakil Merah Putih di sektor ganda.

Sektor tunggal putra terhitung sebagai yang paling banyak mengirim wakil, yakni mencapai 3 pemain. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Lawan tak mudah sudah menanti mereka pada pertandingan babak pertama (32 besar) yang akan dihelat mulai Selasa (8/3/2022) besok.

Dengan venue pertandingan yang bertempat di Westenergie Sporthalle, Jerman, Anthony Ginting akan menghadapi ujian pertama dari wakil Denmark, Rasmus Gemke. Secara head to head, kedua pemain masing-masing berbagi kemenangan dalam 2 pertemuan.

Gemke sempat menundukkan Ginting saat babak 32 besar All England 2020, dengan skor 21-14 dan 21-18. Sementara Ginting berhasil membalas ketika bertemu di perempat final Thailand Open 2021, lewat duel rubber game 21-14, 19-21, dan 21-5.

Terkait hal itu, Ginting juga harus segera menemukan kembali performa terbaiknya. Jika melihat 3 turnamen terakhir yang ia ikuti, permainan Ginting memang masih jauh dari kata memuaskan. Ginting secara beruntun tersingkir pada babak pertama atau 32 besar Denmark Open, Indonesia Masters, dan Indonesia Open edisi 2021 lalu.

Sebaliknya, performa Gemke terlihat jauh lebih baik. Dalam rangkaian turnamen di Bali akhir 2021 lalu, Gemke berhasil menembus 8 besar Indonesia Masters, serta semifinal Indonesia Open.

Sementara tunggal putra andalan Indonesia lainnya, Jonatan Christie, akan mendapat tantangan dari pemain muda Malaysia, Ng Tze Yong. Kedua pemain tercatat baru sekali saling bertemu, yakni di ajang turnamen beregu Thomas Cup 2021 lalu. Pada kesempatan tersebut Jojo menang rubber game 14-21, 21-19, dan 21-16.

Kiprah Jojo di German Open 2022 juga patut menjadi perhatian, lantaran ia sudah cukup lama tidak turun dalam pertandingan kompetitif. Hal itu berbeda dengan Tze Yong yang menjadi bagian skuad Malaysia saat merebut gelar juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022 bulan lalu.

Satu lagi wakil tunggal putra Indonesia adalah Shesar Hiren Rhustavito. Kali ini Vito mendapat rintangan pertama dari pemain Hong Kong, Lee Cheuk Yiu. Tantangan berat sudah menanti lantaran secara head to head Vito selalu kalah dari Lee.

Pertemuan perdana kedua pemain terjadi di ajang Malaysia Masters 2020, Vito kalah straight game 16-21 dan 18-21. Kekalahan 2 set langsung kembali menimpa saat turnamen Denmark Open 2021, kali ini dengan skor 20-22 dan 15-21. Uniknya 2 kekalahan itu terjadi di babak 32 besar, fase yang sama seperti duel di German Open tahun ini.



Di sektor ganda putra, kontingen Indonesia hanya menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka akan menghadapi ganda putra Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede, pada babak pertama. Duel ini sekaligus menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan.

Kemudian dari sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan menghadapi Oliver Leydon-Davis/Anona Pak asal Selandia Baru. Ini juga menjadi pertemuan perdana kedua kubu.

Kontingen Indonesia sejatinya tidak hanya mengirim 6 wakil di turnamen berhadiah total 180.000 dolar AS ini. Akan tetapi jelang turnamen beberapa pemain batal bertanding lantaran beberapa sebab berbeda.

Dari sektor ganda campuran, 2 pasangan yang kini berstatus profesional atau non-pelatnas gagal bertolak ke Jerman karena masalah COVID-19. Mereka adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Batalnya Praveen/Melati membuat wakil Merah Putih lain Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso masih menanti keputusan selanjutnya, lantaran kedua pasangan seharusnya bertemu di babak 32 besar. Apakah Adnan/Mychelle akan mendapat lawan pengganti atau langsung mendapat bye, baru diketahui usai manager meeting.

Kemudian ada satu lagi wakil dari sektor ganda putri yang gagal berlaga, yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Duet baru ini dipastikan gagal tampil lantaran Apri belum pulih dari cedera.



Peluang Indonesia ke Final

Harus diakui bahwa sektor tunggal putra dan ganda putra menjadi tumpuan Indonesia meraih gelar di turnamen ini. Ginting dan Jonatan akan menjadi harapan prestasi, terlepas dari performa keduanya yang cenderung menurun usai menjuarai Thomas Cup tahun lalu.

Jalan menuju final sektor tungggal putra juga tak akan mudah digapai. Terutama lantaran adanya para pemain unggulan lain, seperti: Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Lee Zii Jia, Loh Kean Yew, juga Kento Momota.

Mengacu hasil drawing, Ginting berada dalam pool yang sama bersama Axelsen. Jika mampu melewati semua rintangan, keduanya diprediksi berhadapan di babak semifinal.

Sementara Jojo berada dalam pool yang sama dengan Momota, Loh, Antonsen, dan Lee. Tantangan besar bagi Jojo, karena jika lolos ke perempat final ia berpeluang bertemu Loh atau Momota. Kemudian jika sampai semifinal, Jojo berpotensi menghadapi Antonsen atau Lee Zii Jia.

Dari ganda putra, kans Fajar/Rian juga tidak mudah. Jika sanggup melewati rintangan pertama, mereka akan berjumpa hasil pemenang antara Fabien Delrue/William Villeger vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Kemudian jika mampu menembus semfinal, Fajar/Rian di antaranya berpeluang menghadapi wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Sedang kabar terbaru dari federasi bulu tangkis Malaysia, ganda putra peraih perunggu Olimpiade Tokyo, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dipastikan mundur usai Wooi Yik dinyatakan terpapar COVID-19.

Lantas bagaimana dengan peluang pemain Indonesia lainnya? Selain 3 wakil di atas, harus diakui kans wakil lain cukup berat. Vito diyakini tetap dipatok target sesuai dengan kapasitas dan peluangnya, meski kemungkinan besar bukan target final.

Sedang dari ganda campuran, beban berat bakal disandang Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle, yang kini menjadi ganda campuran 1 dan 2 pelatnas PBSI. Dengan keluarnya Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria tentu membuat beban target mereka menjadi lebih tinggi.



Daftar Pemain Indonesia di German Open 2022

TUNGGAL PUTRA

Anthony Sinisuka Ginting vs Rasmus Gemke (Denmark)

Jonatan Christie vs Ng Tze Yong (Malaysia)

Shesar Hiren Rhustavito vs Lee Cheuk Yiu (Hong Kong)


GANDA PUTRA

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Jeppe Bay/Lasse Molhede (Denmark)


GANDA CAMPURAN

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso (Praveen/Melati batal bertanding karena positif COVID-19)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Oliver Leydon-Davis/Anona Pak (Selandia Baru)


Live Streaming German Open 2022

Turnamen badminton German Open 2022 dapat disaksikan melalui tayangan di iNews TV. Namun harus dicatat bahwa siaran langsujg turnamen BWF Super 300 ini baru dapat disaksikan mulai babak semifinal dan final nanti.

Baca juga artikel terkait GERMAN OPEN 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Oryza Aditama

DarkLight