Antoine Griezmann Yakin Perancis Bisa Juara Piala Dunia 2018

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perancis ingin melupakan kegagalan mereka di Piala Eropa 2016 sekaligus melangkah jauh di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Melihat serangkaian uji coba dan hasil di babak kualifikasi, Perancis datang dengan modal yang bagus menuju Piala Dunia 2018 Rusia. Antoine Griezmann sang pemain kunci, mengumbar optimisme tentang Les Bleus. Partai perdana Prancis sendiri, akan terjadi pada Sabtu, 16 Juni 2018 di Kazan Arena melawan Australia.

Hasil pada babak kualifikasi Grup A Piala Dunia 2018 Rusia menempatkan Perancis pada posisi teratas di antara 6 tim peserta. Mereka berhasil membukukan 7 kali menang, 2 kali seri, dan hanya menderita satu kekalahan dengan total 23 poin.

Tak sampai di situ, pada 5 uji coba terakhir menjelang persiapan menuju putaran final Piala Dunia 2018 pun mereka memperoleh hasil yang cukup bagus dengan rincian 3 kali menang, 2 kali seri dan satu kekalahan.

Dengan tren tersebut, akan cukup mudah bagi Perancis jika ingin sekadar lolos menuju fase gugur. Tim asuhan Didier Deschamps menjadi favorit di Grup C, mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi berada di bawah mereka.

Namun, menjelang dimulainya laga pertama kontra Australia, Perancis dirundung berbagai masalah. Dari mulai cederanya pemain andalan semisal Kylian Mbappe saat latihan, sorakan tak mengenakkan para suporter kepada Paul Pogba pada laga ujicoba melawan Italia, sampai belum jelasnya masa depan Antoine Griezmann bersama klubnya, Atletico Madrid.

Tak sedikit nada-nada pesimisme yang mengatakan bahwa Perancis di Piala Dunia 2018 ini takkan mampu berbuat banyak. Namun, dengan skuat yang ada pada gelaran Piala Dunia 2018 kali ini, banyak pula yang mengunggulkan mereka untuk mencapai hasil terbaik.

Dua tahun lalu pada gelaran Piala Eropa 2016 sebenarnya Perancis hampir meraih trofi. Sayangnya, mereka digagalkan oleh Portugal dengan skor 1-0. Saat itu, gol kemenangan Portugal dicetak oleh Eder di masa perpanjangan waktu.



"Ini bukan balas dendam setelah Piala Eropa, tujuan kami adalah untuk melangkah sejauh mungkin dan memenangkan Piala Dunia ini yang selama ini kami impikan.

"Saya sadar, diberi kepercayaan oleh rekan satu tim dan pelatih. Saya tahu mereka mengharapkan saya untuk membawa tim ini sejauh mungkin. Saya sangat tenang dan fokus pada turnamen ini," kata Antoine Griezmann dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Perancis (FFF).

Dari banyaknya masalah yang menghinggapi Perancis, kejelian Deschamps sebagai pelatih sangat dinantikan. Ia dan juga para pemain tak ingin mengulangi kegagalan dua tahun silam saat takluk di Stade de France.

Di Piala Dunia 2018 Rusia, meski banyak masalah, Perancis akan tetap menjadi unggulan terdepan kala berhadapan dengan tim-tim di Grup C yang terdiri dari Australia, Peru dan Denmark.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman