Aktor Hollywood Kirk Douglas Meninggal Dunia di Usia 103 Tahun

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 6 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Aktor legendaris Hollywood Kirk Douglas meninggal dunia di usia 103 tahun.
tirto.id - Kirk Douglas, salah satu bintang film tertua Hollywood, meninggal dunia, Rabu (5/2/2020) di rumahnya di Beverly Hills, California. Dia meninggal dunia di usia 103 tahun.

Kirk Douglas sebagai salah satu penyintas terakhir dari masa keemasan sinema di Amerika terkenal karena perannya sebagai pria macho dan tangguh dalam film-filmnya. NY Times melaporkan, sekitar 90 film telah dibintanginya selama ia berkarier dalam enam dekade.

Beberapa film yang dibintangi Kirk Douglas yang membuatnya populer di Hollywood di antaranya Lust for Life, Spartacus dan Paths of Glory.

Kepastian meninggalnya Kirk Douglas disampaikan oleh putranya yang juga aktor Hollywood, Michael Douglas melalui sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya.

“Dengan kesedihan yang luar biasa, saya dan saudara-saudara lelaki saya mengumumkan bahwa Kirk Douglas meninggalkan kami hari ini di usia 103 tahun,” tulis Michael, Kamis (6/2/2020)

“Kepada dunia ia adalah seorang legenda, aktor dari zaman keemasan film-film yang hidup dengan baik sampai masa keemasannya, seorang kemanusiaan yang komitmen terhadap keadilan dan tujuan-tujuan yang dia yakini menentukan standar bagi kita semua untuk bercita-cita,” lanjutnya lagi.

Michael juga menyebutkan, Kirk adalah sosok yang luar biasa dan sangat menyayangi keluarganya.

“Bagi saya dan saudara lelaki saya, Joel dan Peter, ia hanyalah Ayah, bagi Catherine, seorang ayah mertua yang luar biasa, bagi cucu-cucunya dan cicit dari kakek mereka yang pengasih, dan bagi istrinya Anne, seorang suami yang luar biasa,” tutupnya.


Menurut NY Times, kehidupan Kirk Douglas dijalani dengan baik, ia meninggalkan warisan dalam film yang akan bertahan selama beberapa generasi yang akan datang, dan sejarah sebagai dermawan terkenal yang bekerja untuk membantu masyarakat dan membawa perdamaian ke planet ini.

Selama ini, Kirk telah berjuang panjang dari efek stroke parah yang dideritanya pada tahun 1996. Pada tahun 2011, dengan tongkat di tangan, dia naik ke panggung Academy Awards untuk menggoda pasangan tuan rumah Anne Hathaway dan dengan bercanda mengulurkan presentasinya tentang Oscar untuk aktris pendukung terbaik.

Saat itu, usianya mendekati 100 tahun dan Kirk Duglas tetap terlihat sebagai bintang Hollywood yang masih bersinar. Kirk juga sering mendapat penghargaan piala Oscar atas peran-perannya di sejumlah film.


Baca juga artikel terkait AKTOR HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight