10 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Sehat, Jeruk hingga Salmon

Oleh: Devi Putri Aji - 24 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini 10 rekomendasi makanan yang dapat menyehatkan kulit wajah, dari jeruk hingga ikan salmon.
tirto.id - Kebiasaan dan gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, mengonsumsi junk food dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Masalah kulit yang sering timbul adalah jerawat, kulit kusam, flek, berminyak dan lainnya. Meski kini ada banyak produk perawatan kulit, namun kunci agar kulit tetap sehat adalah pola makan yang baik.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa membuat kulit tampak lebih bercahaya (glowing).

1. Jeruk

Buah jeruk diketahui kaya akan kandungan vitamin C. Sementara pada bagian kulit mengandung sifat antimikroba dan antibakteri.

Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk termasuk salah satu antioksidan kuat yang dapat digunakan secara langsung di kulit wajah. Tujuannya adalah untuk merawat dan mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar matahari.

Hal ini karena antioksidan di dalam vitamin C bisa melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit.

Untuk pemakaian luar, Dr. Deepali Bhardwaj, ahli perawatan kulit merekomendasikan kulit jeruk dan yoghurt untuk meremajakan kulit secara instan.

Cukup campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk dan 2 sendok makan yogurt. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan bubuk cendana dan 1 sendok makan bubuk kenari ke dalam 1 sendok makan bubuk kulit jeruk dengan beberapa tetes jus lemon dan air mawar untuk mendapatkan kulit cerah.

2. Wortel

Wortel adalah pembangkit tenaga untuk kulit bercahaya karena sejumlah besar beta karoten yang membantu mencegah degenerasi sel, memperlambat penuaan dan membuat kulit menjadi bersinar.

Vitamin A yang ditemukan dalam jus wortel juga membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh, mata, tulang dan gigi.

Wortel juga mengandung banyak vitamin C, yang meningkatkan pertumbuhan kolagen, mengurangi jerawat dan bintik hitam. Untuk meningkatkan kecantikan dengan meminum segelas jus wortel atau tambahkan ke salad.

3. Kentang

Kentang bekerja sebagai bahan pemutih alami dan karenanya dapat digunakan untuk mencerahkan kulit.

Yang harus dilakukan adalah mengoleskan masker wajah dari kentang yang parut, selama sekitar 30 menit.

Kentang juga membantu menghilangkan sel kulit mati, sengatan matahari, flek hitam, flek dan lingkaran hitam.

Cukup mememeras dan menyaring jus kentang dalam mangkuk dan menggunakannya di wajah atau langsung mengoleskan irisan tipis kentang.

4. Alpukat

Dikemas dengan antioksidan seperti lutein dan beta karoten, alpukat membantu melembutkan kulit serta melembabkannya jika dioleskan secara topikal.

Menggunakan masker pelembab dari buah alpukat dengan 1 sendok teh madu untuk mendapatkan manfaat dari buah ini. Atau dengan cara gabungkan alpukat dengan jus jeruk sebagai saus salad atau campur dengan ketumbar dan jinten untuk saus celup atau saus untuk porsi pasta yang lembut.

5. Tomat

"Tomat mengandung vitamin dan mineral alami, termasuk Vitamin A, K, B1, B3, B5, B6, B7, dan vitamin C," kata Dr. Manoj K. Ahuja dari Rumah Sakit Sukhda.

Dilansir dari laman Food NDTV, kandungan likopen dan antioksidan dalam tomat diketahui sangat berkhasiat untuk kecantikan.

Cukup oleskan bubur atau jus tomat pada kulit Anda untuk mengaktifkan manfaat likopen. Jika belum terlalu memberikan efek, daging tomat juga bisa mengencangkan pori-pori dan mencegah jerawat karena tomat bersifat asam. Selain itu juga berfungsi sebagai tabir surya alami.

6. Stroberi

Buah strobero kaya akan asam alfahidroksil yang membantu menghilangkan sel kulit mati.

Stroberi juga meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan garis halus dan kerutan karena adanya vitamin C.

Selain itu, asam lemak omega 3 yang ada dalam stroberi membantu mencerahkan warna kulit.

Tambahkan 1 sendok makan cocoa powder (bubuk coklat) dan 1 sendok makan madu lalu tumbuk stroberi dan oleskan pada wajah Anda selama 15 menit.

7. Lemon

Asam alami lemon mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan mencerahkan bintik-bintik penuaan.

Lemon membersihkan pori-pori tanpa menghilangkan keseimbangan minyak alami kulit karena mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi.

Untuk membuat kulit halus dan bercahaya, peras lemon segar dan gunakan di area yang diinginkan untuk mendapatkan kulit yang mulus.

8. Kacang

“Kacang kaya vitamin E, antioksidan penting untuk kulit,” kata Hyman sebagaimana dikutip dari Cookinglight.

Sama seperti buah alpukat dan ikan, kacang-kacangan menawarkan asam lemak yang mungkin berperan dalam mengurangi kekeringan dan peradangan.

“Menghilangkan sumber peradangan dapat membantu mereka yang berjuang melawan jerawat,” tambah Hyman.

9. Salmon

Ikan salmon baik untuk otak, jantung, manajemen berat badan, sistem kekebalan dan juga membuat kulit bersinar.

Asam lemak omega-3 berperan dalam kulit bebas kerut, mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kolagen.

10. pepaya

Pepaya mengandung enzim chymopapain yang mampu digunakan untuk meredakan peradangan sumber umum penyakit kulit.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu menghilangkan noda dan bahkan mengobati jerawat jika dioleskan secara topikal.

Satu cangkir pepaya segar dan matang mengandung 144 persen dari DV vitamin C penguat kolagen.


Baca juga artikel terkait MAKANAN UNTUK KULIT GLOWING atau tulisan menarik lainnya Devi Putri Aji
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Devi Putri Aji
Penulis: Devi Putri Aji
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight