Wenseslaus Manggut Terpilih Jadi Ketum AMSI, Wahyu Dhyatmika Sekjen

Oleh: Andrian Pratama Taher - 23 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Wenseslaus Manggut ditetapkan sebagai Ketua Umum AMSI periode 2020-2023. Ia didampingi Wahyu Dhyatmika sebagai Sekjen AMSI.
tirto.id - Kongres kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menetapkan kembali Wenseslaus Manggut sebagai Ketua Umum AMSI periode 2020-2023. Wenseslaus saat ini merupakan Chief Content Officer Kapanlagi Youniverse.

Kongres 2 AMSI yang diikuti anggota di 21 wilayah Indonesia juga menetapkan Wahyu Dhyatmika sebagai Sekretaris Jenderal AMSI secara aklamasi. Wahyu Dhyatmika merupakan pemimpin redaksi Tempo.

"Wenseslaus Manggut - Wahyu Dhyatmika secara aklamasi terpilih sebagai ketua dan sekretaris jenderal AMSI periode 2020-2023 melalui Kongres 2 AMSI yang dilakukan secara online dan diikuti oleh 21 wilayah se Indonesia," Kata Dewan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Sapto Anggoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/8/2020).

Sapto mengatakan, sejumlah kandidat sempat muncul dalam pemilihan Ketua Umum dan Sekjen AMSI 2020-2023 yakni Wens-Hery Trianto, Wens-Suwarjono, dan Nezar Patria-Suwarjono. Namun, Nezar, Suwarjono, dan Hery tidak bersedia dicalonkan sebagai ketua maupun sekjen AMSI.

"Meski demikian mereka semua tetap komitmen untuk mendukung kepengurusan AMSI periode ke depan," Kata Sapto.

Kongres 2 AMSI juga menetapkan Dewan Pengawas dan Pertimbangan AMSI periode 2020-2023 terdiri atas Sapto Anggoro (Tirto), Victor Mambor (Jubi), Iin Yumiyanti (Detik), Citra Dyah (Radio68h), dan Dwi Eko Lokononto (Beritajatim).

Pemimpin Redaksi Tirto.id ini menambahkan, pemilihan Ketua dan Sekjen AMSI kali ini sebagai salah satu sejarah pemilihan ketua dan sekjen asosiasi. Sebab, pemilihan dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta mencapai 300 orang peserta.

"Ini pertama kalinya dalam sejarah kongres asosiasi di Indonesia dilakukan secara daring yang melibatkan 300 anggota secara aktif," Kata Sapto.

Menanggapi hasil Kongres Kedua AMSI, Wens mengapresiasi kepercayaan anggota AMSI dan menyatakan siap menerima mandat sebagai ketua umum periode kedua ini.

"Waktu dipilih 3 tahun lalu menjadi ketua, saya terima karena saya melihat kebersamaan yang luar biasa, dan selama 3 tahun ini kebersamaan itu tak pudar, dan itu pulalah alasan saya mau menerima mandat periode kedua ini," ujar Wens.

Dia mengungkapkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah perubahan yang begitu cepat pada industri informasi dan bisnis media.

Tantangan itu tidak hanya memerlukan profesionalitas, tetapi juga memerlukan kesamaan langkah dan sikap soal ekosistem digital. "Kesatuan pikiran itulah kekuatan AMSI."


Baca juga artikel terkait AMSI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight