Liga Spanyol

Valencia Lolos Liga Champions Musim Depan, Pelatih: Luar Biasa

Oleh: Beni Jo - 19 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marcelino Garcia Toral memuji penampilan anak asuhnya selama mengarungi musim ini di Liga Spanyol. Valencia pun lolos Liga Champions setelah menang 0-2 atas Real Valladolid pada Sabtu (18/5).
tirto.id - Pelatih Valencia Marcelino Garcia Toral memberikan pujiannya kepada para pemain dan juga kemampuan timnya usai memastikan lolos Liga Champions musim depan. Pada laga akhir musim, Los Che berhasil menang 0-2 atas Real Valladolid di Stadion Jose Zorilla, Sabtu (18/5/2019).

"Saya cukup beruntung mempunyai dua lapis skuat hebat di sini, yang telah membawa kami sejauh ini. Kami memiliki banyak kesulitan, namun tim ini mampu membalikkan situasi dan mendapatkan peringkat keempat setelah tiga tiket lainnya (peringkat satu hingga ketiga) sudah ditentukan," beber Marcelino, dilansir laman resmi klub, Minggu (19/5).

"Kami mengakhiri paruh pertama dengan selisih 10 poin dari zona Liga Champions. Tim ini mengalami musim yang luar biasa, dan saya berterima kasih kepada mereka atas nama para staf pelatih," tambahnya.

Usai mendapatkan tambahan tiga poin, Valencia sukses mengoleksi 61 angka di klasemen akhir Liga Spanyol 2018/2019. Daniel Parejo dan kolega kini menempati peringkat keempat di bawah Barcelona, Atletico Madrid, serta Real Madrid. Los Che pun unggul dua angka atas Getafe dan Sevilla.

Marcelino menambahkan bahwa dengan lolosnya anak asuhnya menuju Liga Champions juga akan berdampak secara moral terhadap Valencia yang masih akan bertanding di final Copa del Rey meladeni Barcelona (25/5) mendatang. Menurutnya, timnya bisa-bisa mampu menjuarai ajang tersebut dengan mengalahkan Blaugrana yang berstatus jawara La Liga musim ini.

"Dengan mampu lolos menuju Liga Champions adalah dorongan moral yang sangat penting jelang final Copa del Rey [melawan Barcelona], dan kemenangan akan menjadi hadiah yang sangat bagus," ujar eks juru taktik Sevilla dan Villarreal itu.

Meskipun bermain di kandang lawan, Valencia unggul tipis atas Valladolid dalam penguasaan bola menurut data statistik Whoscored. Tim tamu mencatatkan angka 50,2 persen berbanding 49,8 persen milik tuan rumah.

Selain itu, klub yang bermarkas di Stadion Mestalla ini juga hanya melepaskan sembilan kali tembakan. Raihan ini cukup jauh jika dibandingkan dengan yang dicatatkan oleh para pemain Valladolid yang mampu 19 kali melakukan tembakan meskipun tidak ada yang berbuah gol.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus