UTBK SBMPTN 2019 Gelombang I Digelar Mulai Pagi Ini

Oleh: Yantina Debora - 13 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
UTBK SBMPTN 2019 Gelombang I digelar hari ini dalam dua sesi yaitu pagi dan siang.
tirto.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 Gelombang I digelar mulai hari ini, Sabtu (13/4/2019).

"Selamat menempuh Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi Sobat Ristekdikti yang mengambil gelombang 1 mulai tanggal 13 dan 14 April 2019," cuit Kemristekdikti.

Peserta UTBK SBMPTN 2019 diimbau untuk mematuhi tata tertib yang sudah diberikan demi kelancaran pelaksanaan UTBK.

Jadwal UTBK 2019 untuk sesi pagi dimulai pukul 07.30 WIB. Panitia UTBK akan memeriksa identitas dan dokumen para peserta hingga pukul 07.55 WIB.

Panitia UTBK juga akan memberi waktu lima menit untuk latihan. Pelaksanaan UTBK dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.45 WIB.

Selama hampir empat jam pelaksanaan UTBK, para peserta akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

TPS guna mengukur kemampuan kognitif peserta yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.


Sedangkan TKA untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipalajar di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Jadwal UTBK sesi siang akan dimulai pukul 12.30 WIB yang diawali dengan pemeriksaan dokumen dan identitas peserta. Peserta UTBK SBMPTN 2019 ini akan mengikuti TPS dan TKA mulai pukul 13.00 hingga 16.45 WIB.

Contoh Soal UTBK SBMPTN 2019

Bagi peserta UTBK yang ingin mengikuti ujian pada sesi siang, terdapat contoh soal UTBK yang bisa diunduh di Riwayat UTBK.

Caranya Log in ke laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Siswa yang ingin mengunduh contoh soal UTBK SBMPTN diimbau untuk menggunakan komputer atau laptop.

Cara mengunduh contoh soal UTBK dengan log in ke http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Masukan email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke sistem. Pilih menu UTBK dan pilih Riwayat UTBK.

Selain contoh soal UTBK, peserta juga bisa mengunduh Kartu Peserta dan Tata Tertib pelaksanaan UTBK.

Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH