UI Masuk Daftar 100 Kampus Terbaik Negara Berkembang

Oleh: Addi M Idhom - 18 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat ke-82 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di negara-negara berkembang yang dirilis oleh Times Higher Education (THE).
tirto.id - Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya kampus Indonesia yang masuk daftar 100 perguruan tinggi terbaik negara berkembang rilisan Times Higher Education (THE).

UI menduduki posisi ke-82 dalam daftar Emerging Economies University Rankings 2019 yang dirilis oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia tersebut.

"Pemeringkatan ini dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang di dunia," kata Rektor UI Profesor Muhammad Anis di kampusnya, Depok, Jawa Barat pada Jumat (18/1/2019 seperti dilansir Antara.

Anis mengatakan capaian ini menjadi bukti perguruan tinggi Indonesia masih mampu bersaing dengan universitas-universitas lain di dunia. Dia berharap pemeringkatan tersebut menarik minat banyak mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia.

Menurut Anis, saat ini UI sedang berfokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat. Selain itu, UI sedang memperluas jaringan kerja samanya dengan kampus-kampus di Asia, Eropa dan benua lainnya.

"UI juga berupaya menarik minat International Students atau mahasiswa asing untuk berkuliah di UI," kata dia.

Dalam menyusun pemeringkatan itu, THE mengklaim menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran, penelitian, transfer keilmuan serta jaringan internasional sebuah universitas.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia mulai masuk dalam daftar Emerging Economies University Rankings sejak tahun 2016. Baru pada 2019 ada perguruan tinggi asal Indonesia masuk dalam 100 besar di pemeringkatan tersebut. Pada tahun 2018, UI masih menduduki posisi ke-184 di daftar Emerging Economies University Rankings.

Pada 2019, lima universitas asal Indonesia masuk ke dalam daftar 300 besar Emerging Economies University Rankings rilisan THE. Kelimanya ialah UI, ITB, IPB, UGM dan ITS Surabaya.

Meskipun demikian peringkat UI tersebut masih kalah jauh dari kampus dari sebagian negara di Asia, termasuk dua negara jiran.

Emerging Economies University Rankings edisi tahun 2019 menempatkan empat kampus asal Cina di peringkat 1-4. Kampus-kampus itu adalah Tsinghua University (1), Peking University (2), Zhejiang University (3) dan University of Science and Technology of China (4).

Sementara tiga kampus asal Malaysia menembus daftar 100 besar, yakni University of Malaya (18), Universiti Teknologi Petronas (60) dan Universiti Teknologi Malaysia (86).

Meski hanya satu yang masuk dalam daftar 100 besar, kampus asal Thailand, Mahidol University juga memiliki peringkat lebih baik dari UI, yakni 68.


Baca juga artikel terkait UNIVERSITAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom