UEFA Tidak Ubah Aturan Kualifikasi Liga Champions Musim 2020-2021

Oleh: Beni Jo - 17 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA memastikan tidak ada perubahan dalam aturan kualifikasi Liga Champions 2020/2021.
tirto.id - UEFA atau badan sepak bola Eropa tidak berencana mengubah aturan terkait babak kualifikasi Liga Champions musim 2020/2021 mendatang, termasuk bagi klub-klub dari liga yang terpaksa harus disetop karena pandemi virus corona.

Hal tersebut ditegaskan UEFA dalam pernyataan resminya yang merespons pemberitaan mengenai komentar Aleksander Ceferin. Sebelumnya, Presiden UEFA itu dikabarkan menyebut, tim yang lolos dari liga-liga yang dihentikan, perlu melalui fase kualifikasi terlebih dahulu.

"Menindaklanjuti beberapa kutipan dalam wawancara dengan beIN yang telah disebutkan, UEFA ingin menjelaskan bahwa Presiden Čeferin mengatakan klub yang berasal dari liga yang dibatalkan pada musim ini, masih harus tampil dalam babak kualifikasi untuk musim depan sesuai dengan daftar yang lolos saat ini," tulis penyataan UEFA, dikutip akun Twitter resmi, Sabtu (16/5/2020).

"Dia (Čeferin) tidak menyebutkan atau memberi petunjuk tentang perubahan apa pun di daftar tim yang lolos pada kompetisi antarklub UEFA mendatang," lanjut pernyataan UEFA.

Dalam sebuah wawancara dengan beIN, Ceferin mengungkapkan bahwa penghentian beberapa liga domestik di Eropa merupakan keputusan yang prematur, meskipun karena alasan pandemi corona.

Namun, dia menyadari klub-klub yang berkompetisi di liga-liga itu tidak bisa berbuat banyak lantaran keputusan tersebut didasari kebijakan pemerintah setempat.

"Bagi kami, yang terpenting ialah tim juaranya, kemudian yang menduduki peringkat kedua, ketiga, dan keempat. Menurut pendapat pribadi saya, Anda membatalkan liga yang terlalu dini, ini tidak ideal karena banyak hal bisa saja terjadi," tutur Ceferin, dikutip Soccerway.

"Tetapi, jika sudah menjadi keputusan pemerintah, apa yang bisa dilakukan oleh klub? Atau liganya? Mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Bagi saya, keputusan ini prematur. Namun, hal tersebut tidak akan mempengaruhi UEFA," tambah pria asal Slovenia itu.

Seperti diketahui, selain Ligue 1 (Liga Perancis), dua ajang lain yang sudah dibatalkan akibat dampak pandemi corona di Eropa adalah Eredivisie (Liga Belanda) dan Pro League Belgia (Liga Belgia). Pihak otoritas penyelenggara liga pun sudah menetapkan klub-klub yang lolos ke kompetisi level Eropa.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight