tirto.id - Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan menyampaikan pesan kepada konsumen atau pelanggan melalui sejumlah media serta berbagai saluran yang dapat digunakan. Dengan tujuan terjadi 3 perubahan meliputi pengetahuan, sikap, dan tindakan yang dikehendaki.
Beberapa ahli menyampaikan beberapa pengertian komunikasi pemasaran sebagai berikut:
- Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) berpendapat bahwa komunikasi pemasaran merupakan sarana di mana sebuah perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung, tentang produk maupun merek yang perusahaan jual.
- Terence A. Shimp dalam Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi menyampaikan bahwa “komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.
- William G. Nickles berpendapat bahwa komunikasi pemasaran sebagai proses pertukaran informasi yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat berjalan efektif dan efisien.
Apa Fungsi Komunikasi dalam Pemasaran?
Tujuan komunikasi pemasaran berkaitan erat dengan fungsinya. Jhon E Kennedy dan R. Dermawan Soemanagara dalam Marketing Communication: Taktik dan Strategi (2006) menjelaskan bahwa tujuan dan fungsi komunikasi pemasaran mencakup 3 tahap pada konsumen atau pelanggan meliputi perubahan pengetahuan, perubahan sikap, perubahan perilaku.
1. Tahap Perubahan Pengetahuan
Tahap ini menunjukkan bahwa konsumen mengetahui adanya sebuah produk, nilai guna produk diciptakan, dan untuk siapa produk ditujukan.
2. Tahap Perubahan Sikap
Tahap ini menunjukkan pengaruh komunikasi pemasaran dalam mengubah sikap konsumen atas suatu produk.
Tahap perubahan sikap memiliki 3 komponen meliputi kepercayaan terhadap merek (cognitive component), emosional yang merefleksikan perasaan seseorang terhadap suatu objek (affective component) yakni disukai atau diinginkan, dan merefleksikan kecenderungan perilaku aktual terhadap objek melalui tindakan terutama membeli (behavioral component).
3. Tahap Perubahan Perilaku
Tahap ini memiliki tujuan untuk mempertahankan konsumen sehingga tidak beralih ke produk lain serta terbiasa memakainya.
Strategi Komunikasi Pemasaran
Strategi komunikasi pemasaran merupakan rencana perusahaan mengalokasikan sumber daya dalam rangka menghasilkan keuntungan melalui promosi produk atau jasa dengan menargetkan ke kelompok konsumen spesifik.
Fungsi strategi pemasaran di antaranya menyebarkan pesan informatif, persuasif, hingga instruktif kepada konsumen sasaran secara sistematik guna mendapatkan hasil maksimal.
Dikutip dari buku Advertising Edisi Kedelapan (2009) karangan Sandra Moriarty dkk, dijelaskan bahwa ada 3 tahap strategi pemasaran yang perlu dijalankan dalam serangkaian promosi sebuah perusahaan meliputi menentukan tujuan pemasaran, menentukan segmentasi dan targeting, serta menentukan diferensiasi dan positioning.
Bauran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran merupakan jenis-jenis variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai target pasar.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller dalam Marketing Management (2009) menjelaskan 8 model komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemasaran sebagai berikut:
- Iklan yaitu semua bentuk terbayar dari presentasi non personal dan promosi ide, barang atau jasa melalui sponsor yang jelas.
- Promosi penjualan, berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
- Acara dan pengalaman, kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
- Hubungan masyarakat dan publisitas, beragam program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
- Pemasaran langsung,penggunaan surat, telepon, faximile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respons atau dialog dari pelanggan dan prospek tertentu.
- Pemasaran interaktif, kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan atau prospek secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan penjualan produk dan jasa.
- Pemasaran dari mulut ke mulut, komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
- Penjualan personal, interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.
Contoh Komunikasi Pemasaran?
Contoh komunikasi pemasaran secara tidak langsung sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai model komunikasi pemasaran dari iklan hingga penjualan personal. Berikut ini contoh komunikasi pemasaran:
- Iklan dapat dibuat dalam bentuk media cetak seperti koran atau majalah, jaringan seperti telepon, hingga siaran seperti televisi dan radio.
- Promosi penjualan dapat dilakukan melalui diskon harga, kupon, lotre, hadiah, hingga voucher.
- Acara dan pengalaman seperti perusahaan mengadakan jalan sehat dengan peserta masyarakat.
- Hubungan masyarakat dan publisitas seperti mengadakan festival.
- Pemasaran langsung seperti mengirim surat atau brosur secara langsung ke alamat konsumen potensial.
- Pemasaran interaktif seperti mengadakan kuis, game, polling, dan meminta pelanggan berpartisipasi dalam video interaktif.
- Pemasaran dari mulut ke mulut seperti konsumen akan mendapatkan makanan gratis sesuai promo setelah memenuhi ketentuan.
- Penjualan personel seperti mendatangi rumah calon konsumen guna mempromosikan produk.
Editor: Dhita Koesno