Syarat dan Cara Buka Rekening BRI

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Persyaratan buka rekening BRI tidak hanya KTP. Setelah syarat lengkap, silakan datang ke kantor BRI terdekat. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Persyaratan buka rekening BRI perlu diketahui bagi Anda yang ingin membuka rekening di bank ini. Siapkan syarat buat buku tabungan BRI sebelum mendatangi unit kerja bank.

Membuka rekening di bank adalah salah satu kebutuhan yang paling mendasar saat ini, yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Saat ini bank- bank di Indoensia baik swasta maupun milik pemerintah telah memberikan banyak kemudahan membuka rekening dengan berbagai keuntungan.

Rekening bank memiliki berbagai fungsi, mulai dari menyimpan uang, mengurus kartu kredit, pembayaran gaji bulanan, urusan bisnis, dan lainnya.

Persyaratan Buka Rekening BRI


Salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia, BRI menyediakan berbagai kemudahan bagi para nasabahnya. Berikut adalah syarat dan cara membuka rekening BRI.

  • Identitas diri berupa KTP.
  • Mempersiapkan uang untuk setoran awal yang disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih mulai dari Rp10.000 hingga Rp250.000.
  • Uang ganti materai sebesar Rp6.000.
  • Untuk yang tipe pelajar bisa bawa kartu pelajar. Sementara tipe BRI junio, harus bersama orang tua yang sebelumnya sudah punya tabungan di BRI.
  • Setelah syarat lengkap, silakan datang ke kantor BRI terdekat dan lakukan pembukaan rekening melalui customer service.

Cara Buka Rekening BRI


Selain pendaftaran di unit kerja BRI, pembukaan rekening juga bisa dilakukan secara online di eform.bri.co.id.

Setelah semua persyaratan lengkap, Anda datang ke kantor cabang BRI terdekat lalu ke bagian pelayanan customer service.

Petugas akan mengarahkan Anda untuk mengisi sejumlah formulir serta menawarkan produk-produk dari bank. Jika data sudah lengkap, maka Anda akan dibuatkan buku rekening tabungan dan kartu ATM untuk berbagai transaksi.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia.

Awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi).

Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.


Baca juga artikel terkait REKENING BRI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight