Susi Pudjiastuti Ingin Jadi Wartawan Jika Tak Terpilih Jadi Menteri

Oleh: Haris Prabowo - 6 Juni 2019
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku siap jika diamanatkan kembali menjadi menteri di kabinet periode kedua Joko Widodo.
tirto.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku siap jika diamanatkan kembali menjadi menteri di kabinet periode kedua Joko Widodo. Hal tersebut ia sampaikan merespons pertanyaan para wartawan terkait potensi dirinya masuk lagi ke dalam kabinet.

Ia mengatakan hal tersebut saat menggelar open house hari raya Idul Fitri di rumahnya, di Kompleks Menteri Widya Candra, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/6/2019) malam.

"Ya insyaallah, kalau badan masih sehat dan Pak Jokowi memberikan kepercayaan penuh ya saya akan lakukan," kata Susi, Kamis malam.

Namun, Susi mengaku jika dirinya tak lagi menjadi menteri, ia akan mencoba menjadi pekerjaan lain. Salah satunya menjadi wartawan dan membuka sebuah portal berita.

"Tapi kalau engga, ya kan balik lagi cari pekerjaan jadi wartawan. Nah iya jadi wartawan online kan. Follower-ku sudah banyak jadi bisa bikin susi.com," katanya sembari tertawa.

Ia juga menolak dan merasa tak mau jika harus menjadi YouTuber di era milenial seperti saat ini. "Enggak bisa berakting," katanya.

Menteri Susi Pudjiastuti juga menggelar open house atau gelar griya saat hari raya Idulfitri di rumahnya, di Kompleks Menteri Widya Candra, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/6/2019) malam.

Susi mengaku ini merupakan open house-nya yang pertama kali di Jakarta. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya ia melaksanakan open house di kampung halamannya di Pangandaran, Jawa Barat.

"Kalau biasanya kan saya tidak pernah lebaran di Jakarta, baru kali ini lebaran di Jakarta. Biasanya saya pulang ke kampung sama keluarga kumpul," kata Susi saat ditemui di rumahnya, Kamis malam.

Tahun-tahun sebelumnya, kata Susi, ia menggelar open house di kampung halamannya yang memang diprioritaskan untuk anak-anak, janda, hingga masyarakat lansia.

Alasan Susi melakukan open house di Jakarta tahun ini karena ada tradisi para pejabat negara berbarengan melakukan open house.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight