Spesifikasi dan Harga Handphone Google Pixel 4a

Oleh: Endah Murniaseh - 12 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Google Pixel 4a hadir dengan satu pilihan warna, ukuran dan konfigurasi penyimpanan.
tirto.id - Google akhirnya resmi merilis ponsel seri Pixel terbaru yaitu Pixel 4a. Berbeda dengan ponsel lainnya yang menawarkan banyak warna dan ukuran, Pixel 4a hanya memiliki satu warna, ukuran dan konfigurasi penyimpanan.

Ponsel berwarna hitam ini memiliki ukuran sebesar 5,81 inchi OLED dengan resolusi layar 2,340 x 1,080 dan telah menggunakan layar versi Gorilla glass 3. Prosesor yang diangkat pun juga tidak bisa diremehkan, yaitu Qualcomm Snapdragon 730G.

Operator sistem pada ponsel ini adalah Android 10 yang akan tetap mendapatkan update ke Android 11 dengan CPU Octa-core serta GPU Adreno 618. Ponsel ini cukuplah ringan karena memiliki bingkai yang berbahan plastik dengan berat 143 gram.

Memiliki Ram sebesar 6 GB dan penyimpanan sebesar 128 GB, sayangnya pengguna tidak dapat menambahkan memori eksternal karena pada Pixel 4a ini tidak terdapat slot memori tambahan.

Berbeda dengan kebanyakan ponsel saat ini yang memiliki kamera belakang lebih dari satu buah, Pixel 4a masih menggunakan satu kamera belakang dengan resolusi 12.2 MP dan 8 MP pada kamera depannya. Meskipun begitu, pengguna telah dapat menggunakan fitur 4K untuk mendukung videografi dan HDR otomatis.

Pada baterai, ponsel ini didukung dengan baterai tanam sebesar 3,140 mAh yang dapat bertahan dengan layar on selama 6,5 hingga 7 jam dengan penggunaan sedang. Fitur finger print dan slot audio jack 3.5mm yang saat ini mulai ditinggalkan oleh ponsel keluaran terbaru ternyata juga masih tersedia pada ponsel ini.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti penggunaan sosial media dan sekedar chating maupun panggilan video, ponsel ini dirasa telah cukup. Namun bagi pangguna yang akan menggunakannya untuk games berat, anda tidak dapat mengharapkan banyak dari ponsel ini.

Pixel 4a dapat dibeli melalui Google Store ataupun Google Fi. Selain itu juga dapat dipesan melalui pengecer lainnya seperti Amazon, Best Buy dan Walmart dengan harga mulai dari 398,97 dolar Amerika Serikat.

Pada perkembangannya, Google juga merilis series Pixel 4a 5G yang akan mulai dijual di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Jepang, Taiwan dan Australia. Untuk spesifikasi dari Pixel 4a 5G, Google menjanjikan akan menginformasikan lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.


Baca juga artikel terkait GOOGLE PIXEL atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Yantina Debora
DarkLight