Menuju konten utama

20 Soal Asesmen Madrasah Matematika Kelas 9 MTs dan Jawabannya

Kumpulan soal ujian asesmen madrasah Matematika kelas 9 MTs dan jawabannya dalam artikel ini bisa dijadikan bahan latihan.

20 Soal Asesmen Madrasah Matematika Kelas 9 MTs dan Jawabannya
Ilustrasi Matematika. foto/Istockphoto

tirto.id - Bagi siswa MTs kelas 9 yang akan mengikuti asesmen madrasah (AM), tentu perlu mempersiapkan diri. Kumpulan soal ujian asesmen madrasah Matematika kelas 9 MTs dan jawabannya ini, bisa dijadikan bahan latihan, agar siswa madrasah siap mengikuti AM.

Asesmen madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) ini, merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) serta Ujian Nasional (UN).

Sebagaimana dilansir dari Kemenag, asesmen madrasah ini bertujuan untuk mengumpulkan dan mengolah data agar dapat mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan asesmen madrasah ini diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan.

Jadwal penyelenggaraan Asesmen Madrasah ini digelar sesuai dengan jenjangnya masing-masing, yaitu:

- Jenjang Madrasah Aliyah (MA) mulai 4-30 Maret 2024

- Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) mulai 22 April-11 Mei 2024

- Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai 29 April-18 Mei 2024

Materi Asesmen Madrasah MTs Kelas 9 Tahun 2024

Agar mendapat gambaran, materi asesmen madrasah MTs kelas 9 tahun 2024 ini di antaranya adalah sebagai berikut:

Bentuk Asesmen

1. Bentuk asesmen madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK berupa:

a. Tes tertulis.

Guru dapat memilih tiga jenis soal tertulis di bawah ini:

- pilihan ganda

- pilihan ganda kompleks

- benar salah

- setuju tidak setuju

- menjodohkan

- uraian

b. Ujian praktik

c. Portofolio

d. Penugasan, dan/atau

e. Bentuk lain yang ditetapkan oleh masing-masing madrasah

2. Masing-masign madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang diukur.

Materi Asesmen

1. Masing-masign madrasah menyusun materi asesmen mata pelajaran umum pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka mengacu pada Kemendikbudristek.

2. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Kurikulum 2013, mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

3. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Kurikulum Merdeka mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama islam Nomor 3211 Tahun 2011 tentang Capaian Belajar Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kisi-Kisi Asesmen Madrasah

1. Kisi-kisi asesmen madrasah disusun berdasar kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

2. Kisi-kisi AM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah.

3. Kisi-kisi AM mata pelajaran Al-Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

Kumpulan Soal Asesmen Madrasah Matematika Kelas 9 dan Jawabannya

Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam asesmen madrasah kelas 9 MTs adalah matematika. Sebagai bahan latihan, berikut ini adalah kumpulan soal matematika MTs kelas 9:

1. Pak Adi bin Untung mempunyai sebidang tanah yang luasnya 1.200 m2. Tanah tersebut diberikan pada anak pertama 1⁄5 bagian, anak kedua 1⁄4 bagian, dan dibangun mushola 1⁄3 bagian. Sisa tanah Pak Adi adalah....

A. 360 m2

B. 280 m2

C. 272 m2

D. 260 m2

Jawaban: D

2. Dalam suatu tes, jawaban yang benar diberi skor 4, yang salah diberi skor - 2 dan untuk soal yang tidak dijawab diberi skor 0. jika dari 25 soal, Andi menjawab dengan benar 18 soal dan 5 soal salah serta sisanya tidak dijawab, maka nilai Andi adalah . . . .

A. 62

B. 65

C. 70

D. 82

Jawaban: A

3. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 3 , 5 , 9 , 17 , ... adalah ....

A. 2n + 1

B. n2 + 1

C. 3n + 1

D. n3 + 1

Jawaban: A

4. Seorang anak membuat model kerangka balok dengan ukuran panjang (x + 5) cm, lebar (x – 2) cm, dan tinggi x cm. Jika panjang kawat yang digunakan tidak lebih dari 132 cm, maka ukuran panjang maksimum balok yang mungkin adalah ....

A. 8 cm

B. 10 cm

C. 12 cm

D. 15 cm

Jawaban: D

5. Sebuah bangun datar persegi panjang mempunyai perbandingan p : l = 3 : 2. Jika keliling persegi panjang tersebut adalah 100 cm, maka luasnya adalah ... cm2.

A. 400

B. 500

C. 600

D. 800

Jawaban: C

6. Sebuah bank menerapkan suku bunga 8% per tahun. Ali menabung di bank tersebut selama 2 ½ tahun dan tabungannya menjadi Rp. 30.000.000,00. Tabungan mula-mula Ali adalah ....

A. Rp. 24.000.000,00

B. Rp. 25.000.000,00

C. Rp. 28.000.000,00

D. Rp. 36.000.000,00

Jawaban: B

7. Tentukan penyelesaian dari persamaan 3(x + 5) – (x – 3) = 36 adalah ....

A. x = 9

B. x = 20

C. x = 24

D. x = 27

Jawaban: A

8. Luas sebuag segitiga adalah (8x pangkat 2– 2x) cm2. Jika panjang alas segitiga tersebut adalah (4x) cm, maka tinggi segitiga adalah ... cm

A. 2x - 1

B. 2x - 2

C. 4x - 1

D. 4x – 2

Jawaban: C

9. Dari 30 siswa dalam suatu kelas terdapat 4 siswa yang gemar mata pelajaran Matematika dan IPA serta 4 siswa yang tidak gemar mata pelajaran Matematika dan IPA. Jika jumlah siswa yang gemar Matematika dua kali jumlah siswa yang gemar IPA maka banyaknya siswa yang hanya gemar Matematika saja adalah ....

A. 6 siswa

B. 8 siswa

C. 16 siswa

D. 20 siswa

Jawaban: C

10. Diketahui harga 2 baju dan 1 celana adalah Rp. 230.000,00. Sedangkan harga 3 baju dan 2 celana adalah Rp. 380.000,00. Maka harga 1 baju dan 1 celana masing-masing adalah....

A. Harga 1 baju Rp. 70.000,00 dan 1 celana Rp. 80.000,00

B. Harga 1 baju Rp. 80.000,00 dan 1 celana Rp. 70.000,00

C. Harga 1 baju Rp. 70.000,00 dan 1 celana Rp. 60.000,00

D. Harga 1 baju Rp. 80.000,00 dan 1 celana Rp. 60.000,00

Jawaban: B

11. Diketahui ∆ABC dan ∆DEF adalah dua segitiga yang kongruen. Apabila besar ∠A = 450; ∠B = 750; ∠D = 750 dan ∠F = 600 maka pasangan sisi yang sama panjang adalah ....

A. AB = DE ; BC = EF ; AC = DF

B. AB = EF ; BC = DE ; AC = DF

C. AB = DF ; BC = EF ; AC = DE

D. AB = DE ; BC = DF ; AC = EF

Jawaban: D

12. Dari 25 anak, diketahui 13 anak suka menari, 15 anak suka menyanyi, dan 10 anak suka kedua-duanya. Jika seorang anak akan dipilih secara acak, maka peluang yang terpilih anak yang tidak suka kedua-duanya adalah ....

A. 6/25

B. 7/25

C. 8/25

D. 9/25

Jawaban: B

13. Sembilan puluh lima persen komoditas perdagangan dunia melalui sarana transportasi laut, dengan menggunakan sekitar 50.000 kapal tanker, kapal-kapal pengirim dan pengangkut barang raksasa. Sebagian besar kapal ini menggunakan bahan bakar solar. Para insinyur berencana untuk membangun tenga pendukung menggunakan angin untuk kapal-kapal tersebut. Usul mereka adalah dengan memasang layar berupa layang-layang ke kapal dan menggunakan tenaga angin untuk mengurangi pemakaian solar serta dampak solar terhadap lingkungan. Dari hal tersebut maka kira-kira panjang tali layar dari layang-layang agar layar tersebut menarik kapal pada sudut 450 dan berada pada ketinggian vertikal 150 m adalah ....

A. 175 m

B. 226 m

C. 285 m

D. 300 m

Jawaban: B

14. Hasil dari 2 pangkat 9 x 4 pangkat −3 : 2 pangkat 2 adalah ....

A. 1

B. 2

C. 4

D. 8

Jawaban: B

15. Diketahui S = { x / x ≤ 10 , x ∈ C } ;

A ={ x / x bilangan prima ∈ S }

B = { x / 4 ≤ x < 8 ; x ∈ S }

Maka anggota A pangkat c ∪ B adalah ....

A. { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 }

B. { 1, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 }

C. { 1, 2, 3 ,4 , 5, 6, 7 }

D. { 2, 3, 4, 5, 6 }

Jawaban: B

16. Di suatu kota terdapat 2 perusahaan taksi yaitu taksi A dan taksi B. Dua perusahaan tersebut menawarkan tarif seperti pada tabel berikut:

Assesmen Matematika

Assesmen Matematika. foto/Soal Matematika Kemenag

Penumpang (konsumen) dapat memilih tarif taksi yang lebih murah. Intan akan pergi ke mall yang berjarak 15 km dari rumahnya. Agar mengeluarkan biaya yang lebih murah maka taksi yang digunakan Intan adalah ....

A. Taksi A, karena tarif taksi yang lebih murah.

B. Taksi B, lebih murah karena lebih kecil

C. Taksi B, karena lebih murah Rp. 4.000,00

D. Taksi B, karena lebih murah Rp. 4.500,00

Jawaban: D

17. Assesmen Matematika

Assesmen Matematika. foto/Soal Matematika Kemenag

Zaenal menyusun kelereng pada petak-petak persegi mmembentuk pola seperti pada gambar. Banyaknya kelereng pada pola ke-7 adalah ....

A. 27

B. 28

C. 29

D. 31

Jawaban: B

18. Assesmen Matematika

Assesmen Matematika. foto/Soal Matematika Kemenag

A. f(x) = 2x - 2

B. f(x) = 2x – 4

C. f(x) = 2x + 2

D. f(x) = 2x + 4

Jawaban: B

19. Assesmen Matematika

Assesmen Matematika. foto/Soal Matematika Kemenag

Pada gambar di atas besar sudut 1 adalah 950 dan besar sudut nomor 2 adalah 1100. Maka besar sudut nomor 3 adalah ....

A. 5 derajat

B. 15 derajat

C. 25 derajat

D. 35 derajat

Jawaban: B

20. Perhatikan gambar berikut ini.

Assesmen Matematika

Assesmen Matematika. foto/Soal Matematika Kemenag

PQRS dan ABCD adalah persegi dengan titik Q merupakan titik pusat simetri putar persegi ABCD. Luas daerah yang diarsir adalah ....

A. 56,25 cm2

B. 99 cm2

C. 112,5cm2

D. 198 cm2

Jawaban: C

Baca juga artikel terkait ASESMEN MADRASAH 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani