Sinopsis Triple 9, Film Aksi Soal Kerjasama Mafia & Polisi Korup

Oleh: Cicik Novita - 13 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Triple 9 berkisah tentang aksi kawanan mafia yang bekerja sama dengan polisi korup untuk mencuri dokumen kejahatan.
tirto.id - Film Triple 9 dijadwalkan akan tayang di program Bioskop Trans TV hari Selasa, 13 Juli 2021. Bergenre aksi thriller dengan durasi tayang 115 menit, jadwal untuk penayangannya pukul 21.30 WIB jika tidak terjadi perubahan.

Dirilis 16 Februari 2016 serta didistribusikan oleh Open Road Films, Triple 9 adalah hasil karya dari sutradara John Hillcoat dan penulis naskah Matt Cook.

Berkisah tentang aksi kawanan mafia yang bekerja sama dengan polisi korup untuk mencuri dokumen kejahatan milik bos mafia yang hendak diadili, film ini diwarnai dengan adegan kekerasan yang bisa dikategorikan sadis.

Beberapa nama aktor Hollywood menjadi daya tarik bagi penonton untuk menyaksikan kepiawaian akting mereka seperti Chiwetel Ejiofor, Cassey Affleck, Anthony Mackie, dan Kate Winslet.

Triple 9 mendapat rating yang cukup baik di laman IMDb yakni 6,3 dari 10 poin berdasarkan 69.000 pemilih. Sementara dari Rotten Tomatoes, skor yang dicapai adalah 54 persen tomatometer dan 41 persen skor audiens.

Sinopsis film Triple 9



Bagi pihak kepolisian Amerika, kode triple 9 jika disiarkan lewat radio komunikasi antar polisi maknanya adalah situasi saat seorang polisi meninggal di lokasi kejahatan dan harus segera mendapat bantuan. Dalam waktu beberapa menit saja polisi dari beberapa kelompok yang sedang patroli harus sampai di lokasi kejadian.

Film Triple 9 diawali dengan beberapa pria yang melakukan aksi perampokan di bank, dengan mengincar save deposit box milik seorang pimpinan mafia. Setelah berhasil mengambil isi dari kotak tersebut, para perampok melarikan diri namun di tengah jalan terjadi kekacauan yang membuat situasi tak terkendali.

Namun kawanan perampok itu berhasil melarikan diri tanpa terbongkar identitasnya. Ternyata mereka ini terdiri dari anggota Navy Seal yang telah berhenti yakni Michael (Chiwetel Ejiofor), Russell (Norman Reedus), dan Gabe (Aaron Paul). Juga dibantu polisi korup bernama Marcus (Anthony Mackie) dan Franco (Clifton Collins Jr.).

Aksi perampokan itu dilakukan dengan perintah dari Irina (Kate Winslet), istri bos mafia yang datanya ada dalam save deposit box. Ia butuh data tersebut untuk menjebloskan si bos mafia ke penjara.

Irina kembali memerintahkan kelompok tersebut untuk mencuri lagi data suaminya yang ada di lokasi gedung pemerintahan daerah, dengan ancaman yang sadis.

Tak punya pilihan lain, kelompok tersebut pun memikirkan cara mengalihkan pengawalan polisi dari gedung sasaran agar bisa mencuri dokumen rahasia itu, dengan skenario triple 9.

Diputuskan, seorang polisi bernama Chris Allen (Casey Affleck) hendak mereka korbankan untuk membuat kode triple 9 disiarkan oleh pihak berwajib. Chris ini sengaja dijebak oleh Marcus ke suatu lokasi lain dan akan dibunuh disana.

Awalnya rencana berjalan sesuai yang diharapkan. Chris pun hampir mati dibunuh anggota kawanan yang sudah menunggu. Namun situasi berbalik tak terduga karena Marcus tertembak dan koma.

Kode triple 9 memang disiarkan di seluruh radio panggil polisi, namun korbannya adalah Marcus. Situasi yang tidak disangka oleh kawanan perampok tersebut pun terus terjadi. Seperti apa ending film ini, saksikan lebih lanjut film Triple 9.


Baca juga artikel terkait FILM TRIPLE 9 atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight