Sinopsis Serial NCIS yang Dibintangi Mark Harmon

Penulis: Siti Ninda Lestari - 19 Apr 2021 08:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
NCIS dilaporkan akan lanjut tayang untuk musim ke-19. Season 1 tayang pada tahun 2003 di stasiun TV CBS.
tirto.id - NCIS adalah salah satu serial televisi AS paling sukses yang saat ini telah memasuki musim 18. Popularitas NCIS membuatnya berkembang menjadi franchise.

Serial televisi yang terinspirasi dari kesuksesan NCIS dan dibuat dengan nama yang sama ialah NCIS:Los Angeles dan NCIS:New Orleans.

Tak hanya itu, seperti dilansir ncisfranchise.fandom.com, ada beberapa serial televisi lainnya yang terinspirasi dan mengambil lokasi shooting yang sama dengan NCIS, yaitu Hawaii Five-O dan Scorpion.

NCIS telah tayang sejak tahun 2003 hingga sekarang di stasiun televisi CBS.

Tentang NCIS

NCIS adalah singkatan dari Naval Criminal Investigative Service. NCIS adalah divisi khusus di bawah komando Angkatan Laut AS yang bertanggung jawab untuk menyelidiki kejahatan, mencegah terorisme, dan melindungi rahasia Angkatan Laut dan Korps Marinir.

Serial televisi NCIS terinspirasi dari badan resmi NCIS Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dilansir ncis.navy.mil, NCIS berlokasi di sekitar 191 lokasi, di lebih dari 41 negara. NCIS sering kali menjadi lembaga penegakan hukum federal pertama yang muncul ketika kepentingan AS di luar negeri terpengaruh.

Selain bertugas di komando angkatan laut utama di seluruh dunia, agen khusus NCIS ditempatkan di atas semua kapal induk Angkatan Laut dengan gugus tugas amfibi.


Sinopsis NCIS

NCIS menceritakan Major Case Response Team yang bermarkas di Washington DC. Tim ini dipimpin oleh Leroy Jethro Gibbs (Mark Harmon) dan didukung oleh Donald Mallard (Davis McCallum), Timothy McGee (Sean Murray), Abby Sciuto (Pauley Perrette), Jimmy Palmer (Brian Dietzen), Anthony DiNozzo (Michael Weatherly), Leon Vance (Rocky Carroll), dan Ziva David (Cote de Pablo).

Setiap hari, Gibbs dan personelnya mengusut kasus di Angkatan Laut AS, mulai dari kasus narkoba, pemerkosaan, hingga kasus pembunuhan.

NCIS awalnya berasal dari JAG yang pernah tayang selama 10 musim di stasiun televisi CBS. Dilansir cinemablend.com, NCIS berasal dari episode “Ice Queen” di serial televisi itu.

JAG telah dianggap sebagai induk NCIS. Mark Harmon yang memerankan Leroy Jethro Gibbs, dan David McCallum yang memerankan dokter forensik dalam NCIS, telah memerankan karakter itu sejak episode “Ice Queen”.

Sementara, NCIS dipastikan akan lanjut tayang untuk musim ke-19. Hal ini diketahui dari kontrak Mark Harmon yang dilaporkan sudah diperbarui. Ada rumor yang menyebutkan bahwa NCIS akan ditamatkan jika Mark mengakhiri kontraknya.

Terlepas dari rumor itu, berkat pembaruan ini, NCIS berpotensi menjadi seri primetime terlama sepanjang masa. NCIS akan menyaingi Law & Order: Special Victims Unit yang memegang rekor 22 musim hingga kini serta Law & Order dan Gunsmoke yang berada di tempat kedua dengan rekor 20 musim.

Serial televisi action drama ini telah meraih 27 penghargaan dan 40 nominasi, salah satunya ALMA Awards 2011 untuk kategori Outstanding Actress in a Drama Television Series yang diraih Cote de Pablo. NCIS dapat ditonton oleh mereka yang berusia 14 tahun ke atas.


Baca juga artikel terkait NCIS atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Film)

Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Ibnu Azis

DarkLight