Sinopsis Film Superman Returns yang Tayang di Trans TV Malam Ini

Oleh: Sirojul Khafid - 26 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Superman Returns akan kembali tayang di Trans TV pada Sabtu (26/1/2019) hari ini, dan siap membuat pencinta film bernostalgia dengan film yang pertama tayang pada 2006 tersebut.
tirto.id - Superman Returns, film lanjutan Superman I (1978) dan Superman II (1980) akan tayang di saluran televisi nasional Trans TV, Sabtu (26/1/19) hari ini pukul 21.30 WIB. Film ini berkisah saat tokoh pahlawan Clark Kent alias Superman (Brandon Routh) pergi dari bumi menuju planet Krypton, tempat asalnya.

Kepergian itu terjadi lantaran beberapa saat sebelumnya ada penemuan serpihan planet Krypton. Superman pun tergerak untuk memastikan apakah planet tersebut benar-benar hancur.

Kenyataan pahit harus diterima Clark Kent, karena planet Krypton telah hancur. Hal ini membuat dirinya jadi putra terakhir Krypton yang tersisa.

Perjalanan pulang pergi dari Bumi menuju Krypton dan sebaliknya ternyata membutuhkan waktu lima tahun. Bumi kehilangan sosok Superman dalam selang waktu tersebut.

Masyarakat mungkin sudah terbiasa tanpa Superman. Tetapi kepergian Superman yang tanpa pamit, membuat kekasihnya, Lois Lane (Kate Bosworth) kecewa berat dan menikah dengan pria lain. Lois bahkan sudah memiliki anak sejak pernikahan tersebut.

Lex Luthor (Kevin Spacey), yang merupakan musuh Superman juga telah bebas dari penahanan atas kejahatannya. Hal tersebut lantaran Superman, sebagai saksi kunci, tidak hadir dalam pengadilan.

Setelah mengumpulkan uang yang banyak dari berbisnis, Luthor menuju tempat persembunyian Superman di Fortress of Solitude. Dia mencuri teknologi yang ada di situ dan melakukan percobaan dengan dampak pemadaman listrik di kota. Dengan apa yang dia temukan, Luthor semakin berhasrat untuk menguasai dunia.

Percobaan Luthor juga berdampak pada gagalnya uji coba penerbangan pesawat yang disaksikan seluruh warga dunia. Lane, sebagai wartawan masuk dalam daftar orang yang berada dalam pesawat tersebut. Saat keadaan genting, Superman datang dan menyelamatkan pesawat dari kecelakaan. Esoknya, salah satu media menuliskan “Superman Returns.”


Konflik yang terjadi setelah itu menjadi semakin rumit. Mulai dari kisah pribadi Superman dengan Lane hingga keselamatan dunia dari ulah Luthor yang menggabungkan curiannya di Fortress of Solitude dengan Kryptonite untuk menumbuhkan benua baru di Samudera Atlantik Utara. Konon jika berhasil, akti Luthor akan menyebabkan permukaan air laut naik secara drastis dan menyebabkan jutaan orang terbunuh.

Film garapan sutradara Bryan Singer serta penulis Daniel Harris, Michael Dougherty, dan Harris ini mengabaikan seri Superman III (1983) dan Superman IV: Quest for Peace (1987) dalam hal kelanjutan cerita.

Superman Returns yang berdurasi 154 menit ini tayang perdana pada 28 Juni 2006 dan berada dalam rumah produksi Warner Bros Pictures.

Box Office Mojo mencatat pendapatan Superman Returns lebih dari 391 juta dollar Amerika dalam penayangannya. Sejumlah 191 juta dollar di antaranya merupakan pendapatan dari penayangan internasional. Sementara situs Rotten Tomatoes memberi skor untuk film dari DC Comics ini 7 dari 10. Di sisi lain, penonton memberi skor 3,3 dari 5

Sampai saat ini, sudah ada tujuh seri Superman, yang secara cerita terhubung maupun berdiri sendiri.


Baca juga artikel terkait SUPERMAN RETURNS atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan