Sinopsis Film Biografi Dallas Buyer Club yang Tayang di Netflix

Oleh: Ega Krisnawati - 30 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Nonton Dallas Buyer Club, film biografi AS yang diangkat dari kisah nyata dan tayang di Netflix.
tirto.id - Dallas Buyer Club adalah film biografi Amerika Serikat di Netflix arahan Jean-Marc Vallé yang telah tayang sejak 2013.

Film bergenre biografi dan drama ini bercerita tentang perjuangan Ron Woodroof (Matthew McConaughey) yang mengidap penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Dallas Buyer Club diproduseri oleh Robbie Brenner dan Rachel Winter. Sementara penulis naskahnya adalah Craig Borten dan Melisa Wallack.

Sepanjang penayangannya, film Dallas Buyer Club telah memperoleh sebanyak 27,3 miliar dolar AS atau setara dengan Rp391 Miliar.

Film Dallas Buyer Club berada di bawah naungan rumah produksi Voltage Pictures, Evolution Independent, dan R2 Films. Kemudian, distributornya adalah Focus Features.

Film berdurasi 1 jam 57 menit ini memperoleh rating sebesar 8 per 10 di IMDB. Sama halnya di Rotten Tomatoes, Dallas Buyer Club memperoleh tomatometer dan skor audiens yang cukup tinggi. Tomatometernya mendapat sebesar 92 persen dan skor audiensnya sebesar 91 persen.

Sinopsis Dallas Buyer Club

Film Dallas Buyer Club adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Pemain utama film ini bernama Ron Woodroof, seorang pria yang tidak sempurna dan mesti berjuang untuk bertahan hidup selama waktu yang tidak pasti di Amerika.

Ron juga dikenal sebagai koboi listrik dan rodeo. Pada tahun 1985, Ron dikejutkan dengan diagnosis bahwa ia telah menjadi pengidap AIDS dan hanya memiliki waktu 30 hari untuk hidup.

Kendati begitu, Ron tidak bisa menerima kenyataan atas dirinya. Lantas, Ron pun melintasi perbatasan Meksiko untuk belajar tentang pengobatan alternatif dan mulai menyelundupkannya ke AS.

Kala itu, Ron menantang komunitas medis dan ilmiah termasuk dokternya yang merawatnya, Dr. Eve Saks (pemenang Screen Actors Guild Award Jennifer Garner).

Setelah waktu bergulir, Ron pun bertemu dengan Rayon (pemenang Gotham Independent Film Award Jared Leto), seorang transeksual yang memiliki hasrat hidup yang sama dengan Ron. Ia pun berupaya untuk menghindari sanksi pemerintah terhadap penjualan obat-obatan ataupun suplemen yang legal.

Usaha itu membuahkan hasil dengan didirikannya buyers club atau klub pembeli. Di klub itu orang-orang yang positif AIDS dapat membayar iuran bulanan untuk akses ke persediaan obat-obatan.

Akhirnya, bersama dengan komunitas dan klien yang berkembang, Ron berhasil mewudkan impiannya. Ia melanjutnya hidupnya dengan berjuang untuk martabat, pendidikan, penerimaan, demikian seperti yang dilansir dari Focus Features.

Daftar pemain Dallas Buyer Club

1. Matthew McConaughey (Ron Woodroof)

2. Jennifer Garner (Eve)

3. Jared Leto (Rayon)

4. Denis O'Hare (Dr. Sevard)

5. Steve Zahn (Tucker)

6. Michael O'Neill (Richard Barkley)

7. Dallas Roberts (David Wayne)

8. Griffin Dunne (Dr. Vass)

9. Kevin Rankin (T.J.)

10. Donna Duplantier (Nurse Frazin)

11. Deneen Tyler (Deneen D. Tyler)

Penghargaan Dallas Buyer Club

Menurut laman Comcast, Dallas Buyer Club menerima penghargaan berikut.

1. Meraih dua penghargaan teratas di Golden Globes pada hari Minggu, 12 Januari dan Matthew McConaughey mendapat penghargaan untuk Aktor Terbaik dalam Film, Drama.

2. Penghargaan untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam Film (Jared Leto).

3. Meraih enam nominasi Oscar, termasuk Film Terbaik (Best Picture) di Academy Awards Tahunan ke-86 pada Kamis, 16 Januari.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight