Sinopsis Film Ati Raja, Biografi Seniman Ho Eng Dji Rilis Hari Ini

Oleh: Sirojul Khafid - 7 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Indonesia berjudul Ati Raja yang berkisah tentang Ho Eng Dji rilis 7 November 2019.
tirto.id - Ati Raja, film biografi seniman asal Makasar Ho Eng Dji, rilis di bioskop-bioskop tanah air mulai hari ini, Kamis (7/11/2019).

Film ini bercerita soal seniman Ho Eng Dji. Dia adalah seorang penyair dan musisi Makassar yang lahir di Kassi Kebo tahun 1906 dan wafat 1960 di Makassar. Ho Eng Dji merupakan Tionghoa peranakan yang hidup bergaul dengan harmonis dengan masyarakat Makassar.

Ati Raja akan menyuguhkan hubungan antar budaya dan kisah cintanya yang sendu. Selama hidupnya, beberapa lagu ciptaan Ho Eng Dji yang populer hingga saat ini antara lain Ati Raja, Sailong, Dendang-dendang, dan Amma Ciang.

Para pemain yang bergabung di antaranya Fajar Baharuddin, Jennifer Tungka, Stephani Andries, Chesya Tjoputra, Goenawan Monoharto, Zulkifli Gani otto, Noufah A. Patajangi, Saenab Hasmar, Agung Iskandar, dan Gregorius.

Ati Raja merupakan karya sutradara dan penulis naskah Shaifuddin Bahrum. Film berdurasi 84 menit ini berada dalam naungan produksi Persaudaraan Peranakan Tionghoa Makassar (P2TM).

Selain Ati Raja, hari ini ada dua film Indonesia yang rilis yaitu Ratu Ilmu Hitam karya Kimo Stamboel dan Joko Anwar, serta Hanya Manusia tentang kehidupan polisi dan kisah dalam menangani kasus.

Ratu Ilmu Hitam bercerita tentang seorang ayah yang dahulu tumbuh dan besar di panti asuhan. Saat mengetahui pengasuh panti asuhan sakit keras, dia kembali untuk menjenguk. Dia membawa istri dan anak-anaknya.

Di panti asuhan ternyata ada mantan penghuni panti asuhan lain yang sedang berkunjung. Mereka reuni kecil-kecilan. Awalnya suasana damai dan tenang. Namun kejadian-kejadian aneh mulai terjadi dan mengganggu. Seperti ada makhluk yang memang memiliki dendam belum tuntas.

Semantara Hanya Manusia bercerita tentang seorang polisi yang baru saja pindah kerja. Perempuan muda itu harus membagi waktu antara tugas di kepolisian dan waktu dengan adik semata wayangnya.

Masalah yang mampir di keluarganya bertambah dengan keriuhan di kantor. Dia sering dipandang sebelah mata dan serasa dikucilkan. Perkara hidupnya semakin pelik saat ada kasus penculikan di daerah tugasnya. Penyelidikan yang rumit semakin rumit saat adik tersayangnya juga menjadi korban penculikan.

Selain dua film Indonesia itu, Bala, film Bollywood juga rilis hari ini di bioskop-bioskop Indonesia. Bala bercerita tentang seorang pria yang mengalami masalah kebotakan. Hal itu membuat sedih lantaran dulu dia populer, salah satunya karena rambut menawannya.

Dia mencari berbagai cara untuk kembali menumbuhkan rambut dan tentunya menemukan cinta sejati.





Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight