Sinopsi Spy Film Komedi di Netflix: Pengintaian Pertama Agen CIA

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 23 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Spy di Netflix menceritakan tentang seorang agen CIA yang melakukan pengintaian pertama kali.
tirto.id - Film Spy mengisahkan seorang perempuan analis di CIA bernama Susan Cooper tiba-tiba menjadi agen lapangan dan harus menjalankan misi pertamanya. Film yang rilis perdana pada 20 Mei 2015 ini bisa ditonton juga di Netflix.

Susan Cooper bekerja di CIA sebagai seorang analis yang biasanya bekerja dari balik meja. Suatu ketika, ia harus turun ke lapangan untuk melakukan pengintaian. Dia terlibat dalam penyamaran di dunia perdagangan senjata mematikan demi mencegah bencana global.

Susan Cooper diperankan oleh Melissa McCarthy. Aktor dan aktris lain yang bergabung di antaranya Jason Statham, Jude Law, Jessica Chaffin, Raad Rawi, Miranda Hart, Sam Richardson, dan Katie Dippold. Mereka terlibat bersama dalam film komedi ini.

Spy, disutradarai oleh Paul Freig dan menorehkan kemenangan di beberapa ajang penghargaan, yaitu Empire Award 2016 untuk kategori Best Comedy, Golden Trailer Award 2016 kategori Best Comedy TV Spot, International Online Cinema Awards (INOCA) 2015 di kategori Best Ensemble Cast, dan World Stunt Awards 2016 untuk kategori Best High Work.

Sementara itu, film berdurasi 2 jam ini memiliki rating di IMDb dengan skor 7,0 dari 10 dengan 229.607 penilai. Raihan pendapatannya juga sangat tinggi yaitu mencapai lebih dari 235 juta dolar, dengan anggaran produksi diperkirakan 65 juta dolar. Film ini banyak mengambil lokasi syuting di Hungaria, selain di Perancis dan Italia.

Sinopsis Spy


Film Spy mengisahkan seorang analis CIA bernama Susan Cooper yang harus membantu rekannya Bradley Fine, untuk bertugas di lapangan. Wanita 40 tahun itu mesti membantu melakukan misi di tempat jauh. Susan membimbing Fine secara online.

Fine menyusup ke sebuah pesta dan tidak sengaja membunuh Tihomir Boyanov saat dia bersin. Boyanov berencana menjual bom nuklir pada teroris. Susan kaget dan menuntun Bardley kabur dengan perahu agar bisa kembali ke CIA.

Keesokan hari, Kepala CIA Elaine Crocker mengatakan jika anak Boyanov, Rayna, adalah pihak yang mengetahui bom nuklir tersebut. Fine lalu dikirim untuk menyusup ke rumah Boyanov.

Susan kembali membimbing Fine dalam penyusupan dengan kamera yang mengawasi Fine. Susan menyuruhnya mundur tapi sayangnya Fine ketahuan Rayna. Rayna membunuhnya dan mengekspos semua agen CIA.


Usai kematian Fine, agen Rick Ford mencoba mengambil alih. Susan menemukan daftar nomor dari Fine sebelum dia terbunuh. Nomor tersebut mengarah pada De Luca, seorang pengusaha yang diduga terkait terorisme.

Untuk tugas menyusup ke De Luca tidak mudah. Pasalnya, semua agen telah diketahui identitasnya. Akhirnya, Susan menawarkan diri untuk menjadi agen meski Ford tidak suka.

Demi membuktikan kapabilitasnya, Susan menunjukkan video pelatihan-pelatihannya. Dan, Susan ternyata memiliki peingkat teratas dan agresif. Akhirnya, oleh Crocker, Susan diberikan kesempatan menjadi agen .

Tugas pertama Susan adalah pergi ke Perancis dan dia resmi memiliki identitas mata-mata pertamanya. Ford mengatakan jika dia masih ragu dengan Susan dan memintanya tidak mengganggu.

Bagaimana aksi Ford dan Susan selajutnya di tengah ketidakakuran mereka?


Baca juga artikel terkait SPY atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight