Serial Animasi We Bare Bears Ditutup dengan Film

Oleh: Sirojul Khafid - 3 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Serial animasi We Bare Bears di Cartoon Network ditutup dengan film yang sudah bisa ditonton sejak 30 Juni 2020.
tirto.id - Serial animasi We Bare Bears akan usai dengan sebuah film bertajuk We Bare Bears: The Movie.

Dilansir dari Datebook, film penutup dari karakter utama Grizzly, Panda, dan Ice Bear ini juga menandai berhentinya sang kreator, Daniel Chong, dari studio produksi Cartoon Network.

We Bare Bears: The Movie bercerita tentang masa kecil Grizzly, Panda, dan Ice Bear. Kala itu, mereka berada dalam keputusasaan tentang pihak yang akan mengadopsi. Grizzly, Panda, dan Ice Bear berada dalam stigma sebagai teror bagi para manusia.

Setelah mereka secara tidak sengaja memadaman listrik seluruh kota, para warga menyerukan pembuangan. Hal itu memaksa Grizzly, Panda, dan Ice Bear untuk melarikan diri.

Pada sebuah pertemuan kota, seorang agen federal yang kejam berbicara di podium. Dia berwacana tentang tatanan alam yang merujuk pada penangkapan dan pengandangan para binatang.

We Bare Bears: The Movie sudah bisa ditonton sejak 30 Juni 2020 lalu di berbagai layanan streaming seperti iTunes dan Cartoon Network.

Pesan dari cerita ini merupakan keresahan Chong akan bangkitnya diskriminasi rasial, termasuk pada orang Asia.

Hal ini semakin diperparah sejak merebaknya pandemi corona COVID-19. Peluncuran film ini juga berbarengan dengan gerakan kesetaraan ras kulit hitam sejak kematian George Floyd.

"Ketika kami membuat film dan menulisnya, sesuatu yang sangat spesifik terjadi sekitar waktu itu: Keluarga dikurung," kata Chong, merujuk pada kebijakan imigrasi pemisahan keluarga federal yang diberlakukan di perbatasan AS-Meksiko.

Menurut Chong, salah satu ketakutan terbesar yaitu saat tidak ada orang yang menerimamu. Hal itu membuat perasaan terpenjara atau semacamnya. Perasaan itu terjadi karena adanya diskriminasi.

"Rasanya seperti itu adalah hal yang sangat tepat untuk dikatakan," ujar Chong.

Chong menambahkan bahwa diskriminasi sepertinya tidak akan pernah berhenti. Dia sangat mengecewakan hal ini. Chong berharap film ini bisa digunakan sebagai pembelajaran untuk saling memahami sedikit lebih baik.

Namun hal yang paling penting, menurut Chong, bahwa film ini bisa membawa sukacita dan kelegaan penonton pada masa depan yang suram ini.

Chong mengatakan, apabila orang yang menonton mengambil pesan tentang hidup berdampingan dan toleransi, itu hal yang bagus.

“Itulah mengapa kami ingin membuat film ini. Tapi lebih dari itu, aku hanya berharap orang-orang tertawa," imbuhnya.

We Bare Bears versi serial telah tayang sejak 2014. Sampai saat ini, telah ada 140 episode. Para pengisi suara yaitu:

  • EricEdelstein sebagai Grizzly
  • DemetriMartin sebagai IceBear
  • BobbyMoynihan sebagai Panda
  • SamLavagnino sebagai BabyGrizzly
  • JasonLee sebagai Charlie
  • Charlyne Yi sebagai Chloe

Dalam situs Rotten Tomatoes, penonton memberi skor 92 persen. Sementara IMDb memberi skor 7,9/10 dari 10.616 penilai.


Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight