Serba Pertama di Pertandingan Pertama Piala Dunia 2018

Oleh: An Ismanto - 15 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Selain sebagai pertandingan pertama, laga malam ini juga mencatat beberapa "pertama" di Piala Dunia edisi ini kali.
tirto.id - Pertandingan pembuka Piala Dunia ini kali berlangsung meriah dan cukup mengejutkan berkat hujan gol yang terjadi. Rusia, tim tuan rumah yang memiliki peringkat FIFA paling rendah di edisi 2018 ini (70), melumat Arab Saudi (peringkat 67) 5 gol tanpa balas.

Selain sebagai pertandingan pertama, laga malam ini juga mencatat beberapa "pertama" di Piala Dunia edisi ini kali. Yuri Gazinky merebut tiga gelar "pertama" untuk golnya di Rusia. Berikut daftar lengkapnya (dikutip dari berbagai sumber, antara lain OptaJoe):

Gol Pertama di Piala Dunia Rusia 2018: Yuri Gazinsky pada menit ke-12 (gol ini juga merupakan gol pertamanya dalam karier internasional bersama Rusia).

Gol sundulan pertama: Yuri Gazinsky pada menit ke-12 itu.

Gol pertama dari tendangan mengarah gawang pertama: Yuri Gazinsky juga.

Gol melalui tendangan bebas pertama: Alexander Golovin pada menit ke-90+4:01

Kartu kuning pertama: Golovin juga (diterima pada menit ke-88)

Man of the Match pertama: Denis Cheryshev. Ia mencetak dwigol pada menit ke-43 dan ke-90+0:48

Pemain pengganti pertama yang mencetak gol di pertandingan pembuka: Denis Cheryshev juga.

Gol pertama melalui sentuhan pertama: Artem Dzyuba.



Walaupun bukan yang pertama, fakta-fakta berikut ini cukup menarik juga:

Pemain pengganti yang paling cepat mencetak gol di pertandingan pembuka setelah Marcin Zewlakow pada 2002 (64 detik): Artem Dzyuba pada menit ke-73, 89 detik setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Pemain tertua yang berlaga di Piala Dunia sejak Roger Milla pada 1994: Sergei Ignashevich (38 tahun, 335 hari).

Dengan hasil pertandingan pembuka ini, Rusia menyamai rekor Brasil pada Piala Dunia 1954 di Swiss.

Saat itu, Brasil menekuk Meksiko 5-0 dalam salah satu pertandingan pembuka Grup 1 sekaligus pembuka Piala Dunia 1954 (pertandingan pembuka yang lain adalah Yugoslavia vs Prancis yang berakhir 1-0).

Tapi, pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam partai pembuka Piala Dunia masih dipegang Italia yang menekuk Amerika Serikat 7-1 pada edisi 1934.

Hasil 5-0 juga merupakan kali pertama Rusia mencetak gol lebih dari 3 di ajang Piala Dunia sejak mengalahkan Kamerun dengan sekor 6-1 di edisi 1994.

Ada juga kejadian unik yang tertangkap kamera televisi.

Selain Robin Williams yang mengacungkan jari tengah di sela-sela menyanyi di lapangan dalam upacara pembukaan, tribun VVIP juga menyajikan pemandangan menarik.

Saat Yuri Gazinky mencetak gol pertama Piala Dunia 2018, kamera televisi menyorot tiga sosok yang menyedot perhatian pemirsa: Pangeran Mohamad Bin Salman Al Saud dan Vladimir Putin yang mengapit Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Uniknya, Putin melakukan gestur menarik, yang ditiru oleh Infantino: mengangkat bahu dan mengembangkan kedua tangan seraya memandang Pangeran Salman, seperti hendak mengejek, "Gimana?"

Gestur serupa diulang pada menit-73 saat Dzyuba mencetak gol ke-3 Rusia.

Arab Saudi tentu ketar-ketir karena hasil di partai awal ini membuat kans mereka untuk lolos dari Grup A Piala Dunia 2018 semakin kecil. Pasalnya, melawan tim yang dianggap lemah (rangking 70 FIFA per 15 Juni 2018), mereka keok 0-5. Apalagi jika harus melawan tim sekuat Uruguay dan Mesir yang punya Mohamed Salah.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto