Seleksi Mandiri PTN 2022

Seleksi Mandiri UTM UNTAN 2022: Link Pendaftaran dan Persyaratannya

Penulis: Dhita Koesno - 25 Jun 2022 05:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Seleksi mandiri Universitas Tanjungpura UNTAN 2022 dengan jalur Ujian Tulis (UTM) ditutup pada 27 Juni 2022.
tirto.id - Pendaftaran seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura (UNTAN) tahun 2022 akan segera ditutup pada hari Senin, 27 Juni 2022.

Selain membuka jalur melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), UNTAN membuka pendaftarannya sejak 1 Juni 2022 untuk seleksi mandiri melalui Jalur Tulis Masuk (UTM).

Link Pendaftaran Seleksi Mandiri UTM UNTAN 2022


Bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar seleksi mandiri UTM di UNTAN, maka bisa melakukannya dengan membuka link pendaftaran di https://utm.untan.ac.id/registrasi dan kemudian mencetak kartu peserta melalui link https://utm.untan.ac.id/kartuujian.


Biaya pendaftaran untuk mengikuti UTM di UNTAN adalah sebesar Rp200.000 yang dibayarkan melalui Bank Kalbar yang tidak dapat ditarik kembali.

Namun, bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Pertunjukan, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp250.000.

Persyaratan UTM UNTAN 2022 Jalur Seleksi Mandiri


Ada dua persyaratan mengikuti seleksi mandiri UTM UNTAN 2022, yang terbagi menjadi syarat umum dan syarat khusus.

Persyaratan Umum

Syarat umum untuk peserta seleksi mandiri UTM Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Bagi yang memilih Kelas Reguler, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara/paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2020, 2021 dan 2022.
  2. Bagi yang memilih Kelas Mandiri syarat tahun kelulusan tidak dibatasi.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.
Persyaratan Khusus

Sedangkan untuk syarat khusus, yakni:

  1. Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian yang sama, yaitu dari Kelompok Saintek dan Kelompok Soshum.
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi dan Program Studi Kepelatihan Olahraga tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Keperawatan, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan minimal 155 cm untuk pria.
  4. Bagi peserta yang memilih Program Studi Kedokteran diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan.
  5. Untuk program studi yang mensyaratkan tidak buta warna dapat dilihat pada pengumuman di scmb.untan.ac.id.

Tata Cara Pendaftaran

  • Calon mahasiswa baru melakukan pendaftaran pada website https://scmb.untan.ac.id/ untuk mendapatkan Kode Akses Peserta (KAP) dan PIN peserta tes UTM UNTAN.
  • Calon peserta kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta tes UTM.
  • Teller menerima uang pembayaran dan memastikan transaksi ke dalam sistem Host to Host (exTeller).
  • Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  • Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan MENCETAK KARTU PESERTA TEST LAINNYA secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.
  • Biaya kuliah untuk Kelas Reguler (kelas pagi) adalah biaya UKT sedangkan Kelas Mandiri (Kelas Sore dan Malam) dikenakan biaya Non UKT. Besarnya biaya kuliah dapat dilihat pada laman http://keuangan.untan.ac.id.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UNTAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Addi M Idhom

DarkLight