Samsung Galaxy A80 Dijual di Indonesia Mulai 18 Juli

Oleh: Ibnu Azis - 16 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Samsung jual Galaxy A80 di Indonesia mulai 18 Juli 2019 dalam acara Consumer Launch & Trade-In di dua lokasi di Jakarta.
tirto.id - Samsung memasarkan Galaxy A80 di Indonesia mulai 18 Juli 2019 setelah diumumkan global di Bangkok, Thailand pada 10 April lalu.

Di Tanah Air, Galaxy A80 akan dijual offline dalam acara Consumer Launch & Trade-In Samsung Galaxy A80 yang digelar di dua lokasi di Jakarta, yakni Kota Kasablanka, Food Society pada 18-21 Juli 2019 dan Central Park Lumina & Promenade pada 25-28 Juli 2019.

Samsung dalam acara itu memberikan penawaran spesial untuk pembelian Galaxy A80 berupa cashback atau potongan harga Rp500 ribu dan hadiah 1 unit JBL Reflect Contour 2.

Mengenai penawaran trade-in atau transaksi tukar-tambah Galaxy A80 berupa cashbak Rp500 ribu dengan pembayaran menggunakan kartu kredit bank tertentu.

Adapun syarat dan ketentuan Consumer Launch & Trade-In Samsung Galaxy A80 dapat dibaca lengkap pada tautan ini. Sayangnya Samsung belum mengungkap harga Galaxy A80.


Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Galaxy A80 mengusung mekanisme kamera unik yang dapat berotasi atau berputar. Berkat teknologi itu, kamera Galaxy A80 memiliki dua fungsi, sebagai kamera depan sekaligus belakang.

Kamera Galaxy A80 sebenarnya menempel di bagian belakang, dengan konfigurasi 48MP (utama), 8MP (ultra-wide), dan 3D ToF sensor.

Secara sederhana, kamera belakang Galaxy A80 akan berfungsi seperti biasa saat dibutuhkan. Namun, saat mengakses kamera depannya, kamera belakangnya akan terangkat ke atas, mirip mekanisme slider di OPPO Find X.

Kemudian, kamera yang semula menghadap ke belakang, akan berputar atau berotasi ke depan saat akan membidik foto selfie. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kamera depan dan belakang Galaxy A80 memiliki kualitas sama.

Mekanisme kamera depan di Galaxy A80 mirip pula dengan perangkat OPPO N1 yang dirilis pada 2013 silam. Bedanya, tak ada mekanisme slider di OPPO N1. Kamera perangkat ini memiliki dua fungsi lantaran dapat diputar ke depan dan ke belakang.


Kamera 8MP Galaxy A80 yang berfungsi sebagai lensa ultra-wide, mampu membidik foto dengan sudut pandang mencapai 123 derajat. Kamera 3D ToF-nya didukung fitur Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh dengan satu kali sentuhan.

Lantaran kamera depan Galaxy A80 "tersembunyi" dan tanpa tersemat notch, ponsel ini menawarkan panel depan luas dengan bezel tipis dalam diagonal 6,7 inci. Panel depanya bertipe Super AMOLED dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel.

Untuk fitur keamanan, Galaxy A80 sudah mengadopsi teknologi sensor biometrik sidik jari modern yang tertanam di dalam layar. Mengenai dapur pacunya, ponsel ini bertenaga prosesor octa-core, terdiri dari dual-core 2,2GHz dan hexa-core 1,8GHz, yang dipadukan dengan RAM 8GB.

Sayangnya, Samsung tak menyebutkan seri chipset di Galaxy A80. Adapun ruang penyimpanannya mencapai 128GB, sedangkan baterainya memiliki kapasitas 3.700mAh, yang didukung fitur Super Fast Charging berdaya 25W.

Galaxy A80 sudah menjalankan OS Android 9 Pie dalam balutan antarmuka One UI. Ponsel ini tersedia dalam varian warna Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black.

Samsung bekerja sama dengan girl group K-Pop BLACKPINK dalam Galaxy A80 edisi BLACKPINK Series. Edisi ini dikemas dan mengusung konten serta tema khusus BLACKPINK termasuk aksesori di dalamnya.

Namun, seri itu belum tersedia pada 18 Juli mendatang saat Galaxy A80 mulai dipasarkan di Tanah Air.

"Samsung Galaxy A BLACKPINK series belum riis di Indonesia," tulis Samsung Indonesia melalui akun Twitter resmi perusahaan, @samsungID, Senin (15/7/2019).


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight