Resmikan Tol Kunciran Serpong, Jokowi: Percepat Banten ke Jakarta

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 6 Desember 2019
Jokowi mengatakan terbangunnya ruas Tol Kunciran-Serpong, maka mobilitas wilayah di kawasan Jakarta, Banten akan semakin terintegrasi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Kunciran-Serpong yang merupakan konstruksi ruas terintegrasi dengan jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jokowi menjelaskan, dengan terbangunnya ruas Tol Kunciran-Serpong, maka mobilitas wilayah di kawasan sekitar Ibu Kota Jakarta, Banten akan semakin terintegrasi.

"Jalan ini akan mempercepat konektivitas Banten ke Jakarta. Karena saya serang dengar keluhan keluhan katanya pak kita ini bisa tua dijalan karena macet," kata Jokowi saat meresmikan Tol Kunciran Serpong di Tangerang, Banten, Jumat (12/2019).

Selain memperlancar arus mobilitas orang, Jokowi mengatakan dengan dibangunnya Tol Kunciran Serpong maka kawasan industri di Banten akan lebih mudah untuk dikirim ke Jakarta.

"Kedua dengan selesinya tol ini, maka kawasan industri yang ada di Jakarta Banen akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lebih mudah lancar terutama yang melalui Pelabuhan Merak. Semakin efisien daya saing, semakin baik produk kita," terang dia.


Selain itu Jokowi mengatakan dengan dibangunnya Tol Kunciran -Serpong maka pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten akan semakin cepat. Karena akses dari Jakarta ke Banten lebih lancar.

"Ketiga akan bisa mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyanggah Ibu Kota Jakarta karena konektivitas semakin tersambung. Sehingga kita harapkan ekonomi Banten bergerak lebih cepat dan lapangan kerja lebih banyak lagi," tandas dia.

Tol Kunciran Serpong ini merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II, di mana tol Kunciran-Serpong memiliki panjang hingga 11,19 Km.

Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.


Baca juga artikel terkait JALAN TOL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight