Qualcomm Sebut Lebih dari 30 Perangkat 5G Akan Hadir Tahun Ini

Oleh: Ibnu Azis - 8 Januari 2019
Qualcomm memposisikan Snapdragron 855 sebagai pintu gerbang masuknya 5G sekaligus pendorong penyebaran jaringan tersebut.
tirto.id - Qualcomm di gelaran CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat pada Senin (7/1/2019) waktu setempat mengumumkan, lebih dari 30 perangkat 5G akan hadir tahun ini.

"Lebih dari 30 perangkat 5G hadir [tahun ini] sebagian besar adalah smartphone," tulis Qualcomm dalam rilis resmi mereka dikutip Selasa (8/1).

Sayangnya, Qualcomm tak menyebut dari pabrikan mana saja perangkat tersebut. Yang jelas, perangkat itu dari sejumlah produsen OEM global dengan dukungan Snapdragron 855 serta modem Snapdragon X50 5G.

"Kami percaya bahwa hampir semua perangkat seluler 5G yang diluncurkan pada 2019 akan dibangun di atas solusi 5G Qualcomm Technologies," kata Cristiano Amon, Presiden Qualcomm.

Amon menambahkan, 5G akan membuka jalan bagi pengalaman mendalam generasi berikutnya, termasuk akses instan ke layanan cloud, game VR multi-pemain, belanja dengan AR, dan kolaborasi video real-time.

"Dunia siap untuk pengalaman premium smartphone 5G dan Qualcomm Technologies, bersama dengan OEM, operator dan mitra infrastruktur kami, akan menjadi yang pertama memberikan pengalaman tersebut pada 2019," tambahnya.

Adapun Qualcomm resmi memperkenalkan chip Snapdragron 855 dalam gelaran Snapdragon Technology Summit 2018 di Hawaii, pada awal Desember 2018. Tak hanya ditujukan untuk smartphone flagship, chip tersebut akan menyasar gelombang pertama era ponsel 5G tahun ini.

Amon memposisikan Snapdragron 855 sebagai pintu gerbang masuknya 5G sekaligus pendorong penyebaran jaringan tersebut.

"Hari ini menandai langkah besar bagaimana Qualcomm Technologies sebagai pemimpin ekosistem mendorong komersialisasi 5G," katanya pada 5 Desember 2018 lalu.


Baca juga artikel terkait QUALCOMM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis